Sitepu, Sarah Sehati (2024) Pengembangan Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X TKJ di SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5183351012_Cover.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_Cover.PDF
Download (55kB)
![[thumbnail of 5183351012_Lembar_Pengesahan.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_Lembar_Pengesahan.PDF
Download (785kB)
![[thumbnail of 5183351012_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_Kata_Pengantar.pdf
Download (426kB)
![[thumbnail of 5183351012_Abstrak.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_Abstrak.PDF
Download (487kB)
![[thumbnail of 5183351012_Daftar_Isi.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_Daftar_Isi.PDF
Download (432kB)
![[thumbnail of 5183351012_Daftar_Tabel.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_Daftar_Tabel.PDF
Download (341kB)
![[thumbnail of 5183351012_Daftar_Gambar.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_Daftar_Gambar.PDF
Download (224kB)
![[thumbnail of 5183351012_Daftar_Lampiran.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_Daftar_Lampiran.PDF
Download (344kB)
![[thumbnail of 5183351012_BAB_I.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_BAB_I.PDF
Download (556kB)
![[thumbnail of 5183351012_BAB_II.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5183351012_BAB_III.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5183351012_BAB_IV.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 5183351012_BAB_V.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_BAB_V.PDF
Download (391kB)
![[thumbnail of 5183351012_Daftar_Pustaka.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_Daftar_Pustaka.PDF
Download (450kB)
![[thumbnail of 5183351012_Lampiran.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183351012_Lampiran.PDF
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Informatika adalah mata pelajaran kelas X yang baru terbit pada Kurikulum
Pusat Keunggulan tahun 2021 yang sekarang bereformasi menjadi Kurikulum
Merdeka. Dengan adanya penertibatan mata pelajaran baru ini membuat media
pembelajaran yang digunakan masih terbatas. Maka dari itu peneliti
mengembangkan sebuah modul elektronik pada mata pelajaran Informatika dengan
elemen Teknologi Informasi dan Komunikasi. Modul elektronik adalah salah satu
sarana pembelajaran yang efektif digunakan saat dalam proses pembelajaran
maupun diluar proses pembelajaran. Dengan hal tersebut peneliti melakukan
pengembangan modul elektronik untuk mengetahui layak dan efektif media ini
digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah
yakni X TKJ SMKN 1 Percut Sei Tuan sebagai kelas Eksperimen yang
menggunakan modul versi elektronik dan X TKJ SMKN 9 Medan sebagai kelas
Kontrol yang menggunakan modul versi cetak. Dalam pengembangan dan
penelitian ini peneliti menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini menggunakan 60
subjek yakni 30 siswa dari SMKN 1 Pecut Sei Tuan dan 30 siswa dari SMKN 9
Medan. Uji kelayakan dilakukan dengan menggunakan instrumen angket yang
diberikan kepada 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli modul, dan 30 pengguna. Dan
untuk mengetahui efektif dari modul ini dengan melihat perbedaan nilai dari hasil
belajar kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
modul elektronik sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Informatika
kelas X TKJ di SMK mendapatkan kategori “Sangat Layak” dengan persentase
92,3% dari ahli materi, 87,3% dari ahli media, 88% dari ahli modul dan 91,78%
dari pengguna. Uji efektifitas produk dinyatakan efektif berdasarkan hasil
pengujian yang dilakukan dengan data hasil uji-t memperoleh sig.(2-tailed) sebesar
0,024 < 0,05 dan memperoleh �ℎ����� = 2,315 > ������ = 1,671 maka terdapat
perbedaan rata-rata yang signifikan pada hasil belajar kelas eksperimen
menggunakan modul versi elektronik dan kelas kontrol mengunakan moduk versi
cetak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses belajar menggunakan modul versi
elektronik di kelas eksperimen dinyatakan efektif untuk digunakan dalam proses
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul Elektronik, Media Pembelajaran, Informatika |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:52 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62658 |