Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X SMAS Dharma Patra Pangkalan Berandan

Aprilia, Vina (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X SMAS Dharma Patra Pangkalan Berandan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3202411013_Cover.pdf] Text
3202411013_Cover.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 3202411013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3202411013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (958kB)
[thumbnail of 3202411013_Abstrak.pdf] Text
3202411013_Abstrak.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of 3202411013_Kata_Pengantar.pdf] Text
3202411013_Kata_Pengantar.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 3202411013_Daftar_Isi.pdf] Text
3202411013_Daftar_Isi.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of 3202411013_Daftar_Gambar.pdf] Text
3202411013_Daftar_Gambar.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 3202411013_Daftar_Tabel.pdf] Text
3202411013_Daftar_Tabel.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 3202411013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3202411013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 3202411013_BAB_I.pdf] Text
3202411013_BAB_I.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of 3202411013_BAB_II.pdf] Text
3202411013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[thumbnail of 3202411013_BAB_III.pdf] Text
3202411013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3202411013_BAB_IV.pdf] Text
3202411013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3202411013_BAB_V.pdf] Text
3202411013_BAB_V.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 3202411013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3202411013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 3202411013_Lampiran.pdf] Text
3202411013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA 4 pada salah satu materi “Wawasan Nusantara” di SMAS Dharma Patra
Pangkalan Berandan, di mana ditemukan masalah rendahnya berpikir kritis siswa ditunjukkan rendah nya hasil ujian yaitu kelas paling rendah X IPA 4 yaitu dengan rata-rata 73,27 hal ini dilatarbelakangi proses pembelajaran secara
konvensional yang hanya berpusat pada guru saja, siswa cenderung hanya menghapal isi buku tanpa mengetahui makna nya, sumber belajar siswa minim yang hanya menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) tanpa buku saku lainnya dan adanya keterbatasan media pembelajaran. Dengan landasan teori model
pembelajaran Problem Based Learning oleh Nurdyansyah dan Fahyuni dan teori berpikir kritis yang diambil dari teori Facione. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian pre-eksperimental, desain one
group pretest-postest design. Adapun subjek Penelitian ini adalah kelas X IPA 4 sebanyak 29 siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrument Penelitian ini menggunakan angket, pretest dan postest yang terdiri dari 15 soal pilihan berganda. Data dianalisis menggunakan uji paired sampel T-test dengan syarat uji Shapiro Wilk melalui bantuan program SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji paired sample T-test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas 10 SMAS Dharma Patra Pangkalan
Berandan dengan nilai rata-rata pretest 58,86 an rata-rata posttest 76,47. Berdasarkan uji N-Gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score adalah 0,43 dikategorikan “sedang” atau cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG8011 Insurance > HG8053.5 Insurance for professions. Malpractice insurance. Professional liability insurance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Setiady Setiady
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:00
Last Modified: 23 Jun 2025 03:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62648

Actions (login required)

View Item
View Item