Aprilia, Vina (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X SMAS Dharma Patra Pangkalan Berandan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 3202411013_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_Cover.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of 3202411013_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (958kB)
![[thumbnail of 3202411013_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_Abstrak.pdf
Download (668kB)
![[thumbnail of 3202411013_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_Kata_Pengantar.pdf
Download (390kB)
![[thumbnail of 3202411013_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_Daftar_Isi.pdf
Download (547kB)
![[thumbnail of 3202411013_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_Daftar_Gambar.pdf
Download (217kB)
![[thumbnail of 3202411013_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_Daftar_Tabel.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of 3202411013_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of 3202411013_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_BAB_I.pdf
Download (677kB)
![[thumbnail of 3202411013_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (676kB)
![[thumbnail of 3202411013_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3202411013_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3202411013_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_BAB_V.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 3202411013_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 3202411013_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202411013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA 4 pada salah satu materi “Wawasan Nusantara” di SMAS Dharma Patra
Pangkalan Berandan, di mana ditemukan masalah rendahnya berpikir kritis siswa ditunjukkan rendah nya hasil ujian yaitu kelas paling rendah X IPA 4 yaitu dengan rata-rata 73,27 hal ini dilatarbelakangi proses pembelajaran secara
konvensional yang hanya berpusat pada guru saja, siswa cenderung hanya menghapal isi buku tanpa mengetahui makna nya, sumber belajar siswa minim yang hanya menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) tanpa buku saku lainnya dan adanya keterbatasan media pembelajaran. Dengan landasan teori model
pembelajaran Problem Based Learning oleh Nurdyansyah dan Fahyuni dan teori berpikir kritis yang diambil dari teori Facione. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian pre-eksperimental, desain one
group pretest-postest design. Adapun subjek Penelitian ini adalah kelas X IPA 4 sebanyak 29 siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrument Penelitian ini menggunakan angket, pretest dan postest yang terdiri dari 15 soal pilihan berganda. Data dianalisis menggunakan uji paired sampel T-test dengan syarat uji Shapiro Wilk melalui bantuan program SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji paired sample T-test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas 10 SMAS Dharma Patra Pangkalan
Berandan dengan nilai rata-rata pretest 58,86 an rata-rata posttest 76,47. Berdasarkan uji N-Gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score adalah 0,43 dikategorikan “sedang” atau cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Problem Based Learning, Berpikir Kritis |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG8011 Insurance > HG8053.5 Insurance for professions. Malpractice insurance. Professional liability insurance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:00 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62648 |