Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Berbantuan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa SMP GKPI PADANG BULAN

Lubis, Richard Smart (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Berbantuan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa SMP GKPI PADANG BULAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3202411025_Cover.pdf] Text
3202411025_Cover.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 3202411025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3202411025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (928kB)
[thumbnail of 3202411025_Abstrak.pdf] Text
3202411025_Abstrak.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 3202411025_Kata_Pengantar.pdf] Text
3202411025_Kata_Pengantar.pdf

Download (958kB)
[thumbnail of 3202411025_Daftar_Isi.pdf] Text
3202411025_Daftar_Isi.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 3202411025_Daftar_Gambar.pdf] Text
3202411025_Daftar_Gambar.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 3202411025_Daftar_Tabel.pdf] Text
3202411025_Daftar_Tabel.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 3202411025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3202411025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 3202411025_BAB_I.pdf] Text
3202411025_BAB_I.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 3202411025_BAB_II.pdf] Text
3202411025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[thumbnail of 3202411025_BAB_III.pdf] Text
3202411025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3202411025_BAB_IV.pdf] Text
3202411025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3202411025_BAB_V.pdf] Text
3202411025_BAB_V.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 3202411025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3202411025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 3202411025_Lampiran.pdf] Text
3202411025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP GKPI Padang Bulan. Dua hal utama yang diteliti adalah hasil belajar siswa dan efektivitas model pembelajaran TGT berbantuan Quizizz. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain post-test only control
design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan Quizizz dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui [pst-test kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88,00 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang
sebesar 60,15. Pengujian hipotesis menghasilkan t-hitung = 2.756 lebih besar dari t-tabel = 2.056 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, hipotesis nol (H₀)
yang menyatakan bahwa "Tidak ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi Quizizz dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional" ditolak. Sebaliknya,
hipotesis alternatif (H₁), yang menyatakan bahwa "Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi Quizizz lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode
pembelajaran konvensional," diterima. Efektivitas model pembelajaran TGT berbantuan Quizizz sebesar 70,22%, termasuk dalam kategori Efektif (61%-80%). Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan Quizizz
berpengaruh efekttif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teams Games Tournament, Quizizz, Efektif, Hasil Belajar Siswa
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Setiady Setiady
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:51
Last Modified: 20 Jun 2025 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62633

Actions (login required)

View Item
View Item