Marpaung, Dyna Ryanawati (2025) Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Persepsi Siswa Kelas XII IPS Pada Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMA Negeri 1 Kisaran T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203151035_Cover.pdf
Download (62kB)
1203151035_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (892kB)
1203151035_Kata_Pengantar.pdf
Download (537kB)
1203151035_Abstrak.pdf
Download (571kB)
1203151035_Daftar_Isi.pdf
Download (649kB)
1203151035_Daftar_Tabel.pdf
Download (442kB)
1203151035_Daftar_Gambar.pdf
Download (438kB)
1203151035_Daftar_Lampiran.pdf
Download (442kB)
1203151035_BAB_I.pdf
Download (661kB)
1203151035_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203151035_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203151035_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203151035_BAB_V.pdf
Download (621kB)
1203151035_Daftar_Pustaka.pdf
Download (572kB)
1203151035_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap persepsi siswa kelas XII IPS pada layanan bimbingan dan konseling di SMA NEGERI 1 KISARAN. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Preexperimental design dengan bentuk One group Pre-test and Post-test Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September s/d Oktober 2024. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 7 Semester 1 sebanyak 35 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui persepsi siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan klasikal. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan dari pemberian bimbingan klasikal terhadap persepsi siswa pada layanan bimbingan dan konseling. Dari analisis data ini hasil perhitungan terawal (pre-test) diperoleh rata-rata= 63,26 dengan standar deviasi sebesar 2.214 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata 115,63 dengan standar deviasi sebesar 3.679. hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai Z = -5.166 bahwa perbedaan antara post-test dan pre-test cenderung menunjukkan hasil yang lebih baik di post-test. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.000 menunjukkan bahwa hasil uji Wilcoxon sangat signifikan, karena p-value ini jauh lebih kecil daripada tingkat signifikansi yang umum digunakan, yaitu 0.05 (p < 0.05). Hasil uji ini membuktikan bahwa layanan bimbingan klasikal memberikan dampak positif yang signifikan terhadap persepsi siswa terhadap layanan Bimbingan Konseling di sekolah tersebut.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Bimbingan klasikal; Bimbingan konseling; Siswa SMA |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 20 Jun 2025 04:14 |
| Last Modified: | 20 Jun 2025 04:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62601 |
