Saragih, Inovayani (2025) Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Untuk Mengukur Kompetensi Psikomotorik Siswa SMA Kelas XI pada Praktikum Kimia. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226142005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_Cover.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 8226142005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (994kB)
![[thumbnail of 8226142005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_Abstrak.pdf
Download (78kB)
![[thumbnail of 8226142005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_Kata_Pengantar.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of 8226142005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_Daftar_Isi.pdf
Download (264kB)
![[thumbnail of 8226142005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_Daftar_Tabel.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 8226142005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
![[thumbnail of 8226142005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of 8226142005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226142005_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8226142005_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226142005_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226142005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_BAB_V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226142005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226142005_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226142005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan instrumen asesmen kinerja yang digunakan untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa kelas XI SMA pada praktikum titrasi asam-basa, taraf kelayakan instrumen asesmen kinerja berdasarkan validitas internal, validitas eksternal serta reliabilitas, tingkat kompetensi psikomotorik siswa yang diukur menggunakan instrumen asesmen kinerja, dan respon siswa terhadap instrumen asesmen kinerja yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari tahap analize, design, development, implementation, dan evaluation. Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh bahwa instrumen asesmen kinerja yang digunakan di sekolah belum mampu mengukur kompetensi psikomotorik siswa pada praktikum titrasi asam-basa secara akurat, sehingga dibutuhkan pengembangan instrumen asesmen kinerja untuk mengukur kompetensi psikomotorik siswa secara akurat. Hasil uji validasi internal oleh ahli menunjukkan instrumen telah valid dengan nilai rerata lebih besar dari 3,20. Hasil analisis dengan menggunakan permodelan Rasch banyak sisi menunjukkan instrumen memiliki validitas eksternal yang sesuai dan reliabilitas yang sangat baik yakni 0,92. Berdasarkan analisis data hasil implementasi diperoleh bahwa instrumen memiliki objektivitas yang tinggi, ditunjukkan dari tidak ada perbedaan yang signifikan antara penilaian oleh rater 1 dan rater 2. Berdasarkan analisis respon pengguna instrumen juga memiliki nilai praktikalitas yang baik karena nilai praktikalitas instrumen lebih besar dari 70%. Hasil analisis Tingkat kompetensi psikomotorik menunjukkan seluruh siswa tuntas pada aspek psikomotorik bergerak, akan tetapi pada aspek memanipulasi dan mengkomunikasikan masih ada siswa yang belum tuntas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Sar p |
Keywords: | Instrumen, Asesmen, Kompetensi, Psikomotorik, Praktikum. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 09:59 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62577 |