Meilani, Herni (2025) Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Utara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Masters thesis, UNIMED.
8216191003_Cover.pdf
Download (271kB)
8216191003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (483kB)
8216191003_Abstrak.pdf
Download (120kB)
8216191003_Kata_Pengantar.pdf
Download (193kB)
8216191003_Daftar_Isi.pdf
Download (124kB)
8216191003_Daftar_Tabel.pdf
Download (120kB)
8216191003_Daftar_Gambar.pdf
Download (92kB)
8216191003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (91kB)
8216191003_BAB_I.pdf
Download (405kB)
8216191003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
8216191003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (866kB)
8216191003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8216191003_BAB_V.pdf
Download (212kB)
8216191003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (325kB)
8216191003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan model research and development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan bahan ajar teks eksplanasi berbasis kearifan lokal, (2) bentuknya, (3) kelayakannya, dan (4) efektivas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar melalui 10 langkah yang dilakukan dengan baik, (2) penyusunan bahan ajar teks eksplanasi berbasis kearifan lokal dengan gaya dan isi yang berbeda, (3) validasi pembelajaran materi yang layak digunakan berdasarkan validasi ahli mendapat skor 82,8% dengan tingkat sangat baik dan ahli desain skor rata-rata 90,27% dengan tingkat sangat baik, dan tanggapan guru bidang studi mendapat skor 97,5%. Uji coba produk sendiri melalui: a) nilai rata-rata penilaian individu berkisar 78,8% dengan tingkat baik, b) nilai rata-rata diskusi kelompok kecil berkisar 85,36% dengan tingkat sangat baik, dan c) nilai rata-rata diskusi pelatihan lapangan terbatas adalah 92,7% dengan tingkat sangat baik, (4) unuk melihat keefektifan bahan ajar teks eksplanasi berbasis kearifan lokal Sumatera Utara adalah melalui penilaian pretes sebesar 66,33 lalu penilaian postes sebesar 84,6. Implikasi dari penelitian ini adalah (1) bahan ajar yang dikembangkan menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga efektif digunakan pada proses pembelajaran teks eksplanasi, (2) bahan ajar yang dikembangkan dapat menambah ilmu guru dan menciptakan pembelajaran yang berkualitas, (3) bahan ajar dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar pendamping pada materi teks eksplanasi.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 808.066 Mei p |
| Keywords: | Teks Eksplanasi, Bahan ajar, kearifan lokal Sumatera Utara. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Indonesia - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:56 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 04:56 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62536 |
