Ansar, Khalid (2024) Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI TOKR SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5182122005_Cover.pdf
Download (103kB)
5182122005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (535kB)
5182122005_Kata_Pengantar.pdf
Download (118kB)
5182122005_Abstrak.pdf
Download (62kB)
5182122005_Daftar_Isi.pdf
Download (226kB)
5182122005_Daftar_Tabel.pdf
Download (114kB)
5182122005_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
5182122005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (117kB)
5182122005_BAB_I.pdf
Download (291kB)
5182122005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (690kB)
5182122005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (740kB)
5182122005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (628kB)
5182122005_BAB_V.pdf
Download (64kB)
5182122005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (64kB)
5182122005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus. subjek penelitian kelas XI TOKR SMK Negeri 5 Medan tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini bertuajan untuk mengetahui peningkatan hasil bealajar siswa pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Saintifik kelas XI TOKR semester ganjil. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid. Penlitian ini dilakukan dalam dua siklus yang tiap siklus terdapat tahap perencanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Saintifik mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TOKR di SMK Negeri 5 Medan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa meningkat dan telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu pada siklus I sebesar 54,84% dengan rata-rata nilai sebesar 68,06 dan pada siklus II meningkat menjadi 77,42% dengan rata-rata 74,67. Dengan demikian maka model pembelajaran Problem based learning dengan pendekatan saintifik ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TOKR SMK Negeri 5 Medan T.A 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Problem Based Learning; an Pendekatan Saintifik; Peningkatan Hasil Belajar; Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan |
| Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:31 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 03:31 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62506 |
