Nasution, Khadijah (2013) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK B PAUD LESTARI PEKAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103313010 COVER.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
1103313010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103313010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103313010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103313010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103313010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
1103313010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1103313010 BAB I.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
1103313010 BAB V.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
1103313010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui metode cerita dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak di PAUD Lestari Pekan Labuhan Tahun Ajaran 2012-2013. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pengembangan bahasa anak melalui metode cerita bergambar di PAUD Lestari Pekan Labuhan Tahun Ajaran 2012-2013.Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 12 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Alat pengumpul data yang digunakan peneliti adalah lembar observasi. Adapaun indikator yang dibuat adalah menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol, menyusun kalimat sederhana dalam struktur, memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan pada orang lain, dan indikator melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan.Hasil analisi siklus I diperoleh bahwa tindakan yang dilakukan peneliti belum optimal, hal ini diketahui dari jumlah anak yang mengalami perkembangan bahasa dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 pada siklus I adalah 1 anak atau sebesar 5% dan sisanya 19 anak atau sebesar 90%. Siklus II diperoleh bahwa tindakan yang dilakukan peneliti sudah optimal, hal ini diketahui dari jumlah anak yang mengalami perkembangan bahasa lebih baik dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 pada siklus II adalah 15 anak atau sebesar 75% dan sisanya 5 anak atau sebesar 25%. Dari hasil temuan penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini terlihat dari rata-rata peningkatan pencapaian perkembangan bahasa atau dengan penerapan metode cerita bergambar untuk meningkatkan perkembangan kemampuan bahasa pada Anak Usia Dini Kelompok B PAUD Lestari Pekan Labuhan dapat dikatakan berhasil..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.014 Nas m |
Keywords: | bahasa anak; kemampuan; metode cerita; bergambar; teknik; metode cerita dengan gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6244 |