Nazurah, Khairina (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Case Method Terhadap Hasil Belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5181111011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_Cover.pdf
Download (42kB)
![[thumbnail of 5181111011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (919kB)
![[thumbnail of 5181111011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_Kata_Pengantar.pdf
Download (169kB)
![[thumbnail of 5181111011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_Abstrak.pdf
Download (270kB)
![[thumbnail of 5181111011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_Daftar_Isi.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 5181111011_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_Daftar_Tabel.pdf
Download (36kB)
![[thumbnail of 5181111011_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_Daftar_Gambar.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of 5181111011_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 5181111011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_BAB_I.pdf
Download (380kB)
![[thumbnail of 5181111011_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
![[thumbnail of 5181111011_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (706kB)
![[thumbnail of 5181111011_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (625kB)
![[thumbnail of 5181111011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_BAB_V.pdf
Download (158kB)
![[thumbnail of 5181111011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 5181111011_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5181111011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh Model Pembelajaran Case
Method terhadap hasil belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung siswa kelas XI DPIB
di SMK Negeri 14 Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas XI DPIB 1 sebagai
kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan Model Pembelajaran
Case Method berjumlah 32 siswa dan sebagai kelas kontrol Model Pembelajaran
Direct Instruction adalah kelas XI DPIB 2 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian quasi eksperimen merupakan desain pre-test, pembelajaran
dan post-test. Instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan
dengan uji validitas, reabilitas, indeks kesungkaran, dan daya pembeda soal. Hasil
uji coba tes hasil belajar konstruksi dan utilitas gedung dari 40 butir soal yang diuji
cobakan diperoleh 25 butir soal yang valid dengan koefisien reabilitas 0,914
termasuk kedalam kategori Sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
hasil belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung diajarkan dengan Model Pembelajaran
Case Method lebih tinggi dibandingkan dengan Model Pembelajaran Direct
Instruction. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian rata-rata hasil belajar dengan
Model Pembelajaran Case Method sebesar 78,88 sedangkan rata-rata hasil belajar
dengan menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction sebesar 55,85.
Perbedaan hasil belajar Model Pembelajaran Case Method dibuktikan dengan
analisis statistik perhitungan ANAVA hasil belajar yang diperoleh �ℎ����� = 21,086
lebih besar dari ������ = 4,01. Maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran
Case Method memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil
belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung. Kemudian dilanjutkan dengan uji-t,
diperoleh harga �ℎ����� > ������ yaitu 7,806 > 1,673 pada taraf signifikasi (α = 0,05).
Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa hasil belajar siswa yang
diajar menggunakan Model Pembelajaran Case Method lebih tinggi di bandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi
pihak sekolah dan guru dalam meningkatkan hasil belajar Konstruksi dan Utilitas
Gedung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Case Method; Hasil Belajar; Konstruksi; Utilitas Gedung |
Subjects: | T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 05:02 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62437 |