Manurung, Iin Arta (2024) Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X 4 Di Sma Negeri 1 Tanjung Morawa. Skripsi Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1182151011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_Cover.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of 1182151011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of 1182151011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_Kata_Pengantar.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 1182151011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_Abstrak.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 1182151011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_Daftar_Isi.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of 1182151011_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 1182151011_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 1182151011_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 1182151011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_BAB_I.pdf
Download (597kB)
![[thumbnail of 1182151011_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1182151011_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (802kB)
![[thumbnail of 1182151011_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1182151011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_BAB_V.pdf
Download (275kB)
![[thumbnail of 1182151011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 1182151011_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182151011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan
kelompok melalui teknik role playing terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas X 4 di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen
semu (quasi experimental) dengan time series design. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas X 4 yang memiliki skor kategori komunikasi interpersonal yang tinggi, sedang dan rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen komunikasi interpersonal yang berjumlah 33 item pernyataan
yang telah valid dan reliabel, reliabilitas instrumen tersebut adalah 0,8376.
Instrumen diberikan sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok sebanyak 6 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Wilcoxon dengan ∝ = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum (pre-test) dilakukan bimbingan kelompok melalui teknik role playing skor rata-rata komunikasi interpersonal sebesar 72,1 dan setelah (post-test) diberikan bimbingan kelompok melalui teknik role playing, maka skor rata-rata yang diperoleh adalah 111,6 maka selisih perubahan skor komunikasi interpersonal sebesar 39,5. Maka dari itu terjadilah peningkatan komunikasi
interpersonal sebesar 35,3%. Dengan mengetahui uji wilcoxon dengan nilai peringkat terkecil yaitu 27. Jadi =27, ∝ = 0,05, dan n = 10, maka diketahui nilai = 8. Setelah mengetahui data tersebut, maka > =27>8. Maka dapat disimpulkan bahwa, “ada pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas X 4 di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi; Bimbingan kelompok; Peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 04:59 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62436 |