Nainggolan, Hannia Yohana (2025) Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Homeroom Terhadap Motivasi Belajar Rendah pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Nainggolan Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203151047_Cover.pdf
Download (276kB)
1203151047_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
1203151047_Kata_Pengantar.pdf
Download (531kB)
1203151047_Abstrak.pdf
Download (394kB)
1203151047_Daftar_Isi.pdf
Download (308kB)
1203151047_Daftar_Tabel.pdf
Download (251kB)
1203151047_Daftar_Gambar.pdf
Download (248kB)
1203151047_Daftar_Lampiran.pdf
Download (249kB)
1203151047_BAB_I.pdf
Download (553kB)
1203151047_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203151047_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (811kB)
1203151047_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203151047_BAB_V.pdf
Download (416kB)
1203151047_Daftar_Pustaka.pdf
Download (390kB)
1203151047_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Homeroom Terhadap Motivasi Belajar Rendah pada Siswa di SMP Negeri 2 Nainggolan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Pra Ekperimen dengan metode kuantitatif. Desain penelitian ini One-Grup Pretest-Posttest Design yaitu penelitian yang memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan purposive sample (sample bertujuan) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Nainggolan sehingga didapati 8 orang siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah. Data penelitian dikumpulkan menggunakan skala motivasi belajar rendah bentuk skala likert. Dengan tingkat reliabilitas r11 = 0,881. Maka diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) diperoleh nilai rata-rata 75,375, sedangkan skor akhir (post-test) diperoleh nilai rata-rata 96,125. Maka perubahan peningkatan motivasi belajar pada siswa sebesar 27,53. Analisis data menggunakan tes bertanda wilcoxon dan dilengkapi dengan deskripsi data menggunakan perhitungan persentase. Dari analisis data diperoleh nilai Jhitung=15 dengan α = 0,05 dan n=8 maka nilai Jtabel=4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 15 > 4 dengan demikian hipotesis diterima. Artinya hipotesis yang berbunyi “Ada Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Homeroom Terhadap Motivasi Belajar Rendah pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Nainggolan Tahun Ajaran 2024/2025” dapat diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi belajar; Konseling; Siswa SMP |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 18 Jun 2025 03:35 |
| Last Modified: | 18 Jun 2025 03:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62410 |
