Lubis, Nopika Randa Lubis (2012) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN KABUPATEN MANDAILING NATAL TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108121028_COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
108121028_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
108121028_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
108121028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108121028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108121028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
108121028_BAB I.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
108121028_BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108121028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dipenelitian ini adalah perilaku menyontek siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal yang relatif tinggi. Perilaku menyontek adalah upaya yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan keberhasilan dengan cara-cara yang tidak fair(tidak jujur).Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku menyontek siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal yang berjumlah 30 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 10 orang yang diambil sesuai dengan berdasarkan pada pertimbangan atau melalui karakteristik tertentu yaitu siswa yang sering berperilaku menyontek di kelas, baik di waktu ulangan, ujian dan membuat PR. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti bersama-sama guru BK yang sekaligus juga wali kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakanya pemberian layanan bimbingan kelompok (Pre-Test) Perkembangan perilaku menyontek siswa cenderung tinggi dengan rata-rata 91,8 dan setelah dilaksanakan pemberian layanan bimbingan kelompok (Post-Test) perkembangan perilaku menyontek siswa menjadi berkurang dengan rata-rata 61,7.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melaksanakan pemberian layanan bimbingan kelompok dapat memberi pengaruh terhadap perilaku menyontek siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Lub p |
Keywords: | Menyontek;Bimbingan Kelompok;Perilaku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB51 Systems of individual educators and writers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6239 |