Panjaitan, Pepi Septy Anjani (2012) MENINGKATKAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL MELALUI KONSELING EKLEKTIK DENGAN SIMENGGUNAKAN MEDIA KREATIF PADA SWA KELAS VII SMPN 17 MEDAN. SKRIPSI, FAKULTAS ILMU. Undergraduate thesis, UNIMED.
108121042_COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
108121042_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
108121042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
108121042_ ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
108121042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
108121042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108121042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108121042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108121042_ BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
108121042_ BAB V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
108121042_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah Internal locus of control dapat ditingkatkan melalui konseling eklektik dengan menggunakan media kreatif pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui keefektifan konseling eklektik dengan media kreatif untuk meningkatkan internal locus of control. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-1 SMP Negeri 17 Medan yang memiliki internal locus of control yang rendah (eksternal). Besar sampel adalah 4 orang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala locus of control yang diadaptasi dari “Internal-exsternal Scale”(SIL) yang dikembangkan oleh Rotter dan analisis verbatim. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling terhadap sejumlah siswa yang memiliki internal locus of control yang rendah (eksternal). Berdasarkan hasil aplikasi instrumentasi diperoleh besar sampel adalah 4 orang siswa yang memerlukan layanan konseling individu. Berdasarkan analisis terhadap hasil penelitian dikemukakan bahwa pada siklus I (pertama) internal locus of control siswa masih berada pada kriteria C (cukup). Namun Pada siklus II (kedua) terjadi peningkatan internal locus of control yaitu berada pada kriteria B (baik). Berdasarkan hasil ini dapat dikemukakan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi: Konseling eklektik dengan menggunakan media kreatif dapat meningkatkan internal locus of control siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Anf m |
Keywords: | Siklus;Variabel;Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6236 |