Affis, Zeini (2012) UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING EKLEKTIK MELALUI MEDIA KREATIF PADA SISWA KELAS VII SMPN 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108121063-COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
108121063-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
108121063_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
108121063_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
108121063_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
108121063_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
108121063_BAB 1.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
108121063_BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108121063_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah self-efficacy dalam mengemukakan pendapat di kelas dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling eklektik melalui media kreatif pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan upaya peningkatan self-efficacy dalam mengemukakan pendapat di kelas dengan menggunakan konseling eklektik melalui media kreatif pada siswa kelas VII SMPN 17 Medan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-5 SMP Negeri 17 Medan. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling terhadap sejumlah siswa yang mengalami masalah self efficacy dalam mengemukakan pendapat di kelas. Dari hasil aplikasi instrumentasi diperoleh besar sampel adalah 4 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket self efficacy dalam mengemukakan pendapat di kelas dan verbatim konseling. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan pada siklus 1 dikemukakan bahwa terjadi peningkatan self efficacy namun masih berada pada kriteria kurang. Pada siklus 2 tampak bahwa self efficacy siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas meningkat sampai pada kriteria tinggi mencapai target keberhasilan penelitian 80%. Sesuai dengan hasil ini dapat dikemukakan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi konseling eklektik melalui media kreatif dapat meningkatkan self-efficacy siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas pada siswa SMPN 17 Medan kelas VII dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Aff u |
Keywords: | Media, Mengemukakan;Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6235 |