PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS EDPUZZLE PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 MEDAN

Larasati, Putri Witia (2023) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS EDPUZZLE PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193341022_Cover.pdf] Text
4193341022_Cover.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4193341022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193341022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 4193341022_Abstrak.pdf] Text
4193341022_Abstrak.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 4193341022_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193341022_Kata_Pengantar.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 4193341022_Daftar_Isi.pdf] Text
4193341022_Daftar_Isi.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4193341022_BAB_I.pdf] Text
4193341022_BAB_I.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4193341022_BAB_V.pdf] Text
4193341022_BAB_V.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4193341022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193341022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan video interaktif berbasis edpuzzle pada materi virus kelas X Untuk meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 2 dosen validator ahli materi, 2 dosen validator ahli media, 1 dosen validator ahli desain, penilaian guru biologi, dan tanggapan siswa kelas X MIA 2 SMAN 6 Medan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Kelayakan video interaktif berbasis edpuzzle pada materi virus kelas X SMAN 6 Medan yang telah dikembangkan berdasarkan validasi ahli desain memperoleh persentase penilaian 90% dengan kategori “sangat layak”. Kelayakan video interaktif berbasis edpuzzle pada materi virus kelas X SMAN 6 Medan yang telah dikembangkan berdasarkan validasi ahli media memperoleh persentase penilaian penilaian 85% dengan kategori “sangat layak”. Kelayakan video interaktif berbasis edpuzzle pada materi virus kelas X SMAN 6 Medan yang telah dikembangkan berdasarkan validasi ahli materi memperoleh persentase penilaian 85% dengan kategori “sangat layak”. Kelayakan video interaktif berbasis edpuzzle pada materi virus kelas X SMAN 6 Medan yang dikembangkan berdasarkan respon guru biologi memperoleh persentase penilaian 93% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan berdasarkan respon peserta didik memperoleh persentase penilaian 94% dengan kategori “sangat layak”. Efektivitas video interaktif berbasis edpuzzle pada materi virus kelas X SMAN 6 Medan yang dikembangkan melalui uji N-gain memperoleh skor 0,72 yang termasuk kategori “tinggi” dan dinilai efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 571.992 Lar p
Keywords: Video interaktif; Edpuzzle; Virus; Hasil belajar; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2025 06:12
Last Modified: 22 May 2025 06:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62208

Actions (login required)

View Item
View Item