Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Dosen di Universitas Darma Agung

Sihombing, Humiras Betty Marlina (2024) Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Dosen di Universitas Darma Agung. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196114007_Cover.pdf] Text
8196114007_Cover.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 8196114007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196114007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196114007_Abstrak.pdf] Text
8196114007_Abstrak.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of 8196114007_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196114007_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196114007_Daftar_Isi.pdf] Text
8196114007_Daftar_Isi.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of 8196114007_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196114007_Daftar_Tabel.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of 8196114007_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196114007_Daftar_Gambar.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 8196114007_BAB_I.pdf] Text
8196114007_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8196114007_BAB_V.pdf] Text
8196114007_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8196114007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196114007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan: Model Manajemen Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Dosen yang Valid, Praktis, dan Efektif di Universitas Darma Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D dengan tujuan untuk menghasilkan model yang valid, praktis dan efektif, serta seluruh perangkat dan instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan model tersebut di Universitas. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Darma Agung. Populasi penelitian adalah seluruh asisten ahli dan lektor, dimana populasinya mencapai 87 orang dosen, sedangkan jumlah sampel adalah keseluruhan dari jumlah populasi, yaitu 87 orang dosen. Penelitian ini menggunakan tiga kali tahapan ujicoba. Pada ujicoba terbatas tahap I, melibatkan 35 responden. Pada ujicoba tahap II, melibatkan 52 responden. Pada ujicoba tahap III, melibatkan 87 responden. Data penelitian dikumpulkan dengan inventori, lembar pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Model Manajemen Pelatihan Penulisan Ilmiah Bereputasi Nasional dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penulisan ilmiah dosen; luaran (output) dari model Manajemen Pelatihan Penulisan Ilmiah Bereputasi Nasional pada kelompok model lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelompok awal (pra-model); Nilai rata rata IP/IO dari ahli sebesar 4,4 dengan kategori tinggi, dari pengamat pada uji tahap I sebesar 4,0 dengan kategori tinggi, pada uji tahap II sebesar 4,7 dengan kategori tinggi dan uji tahap III sebesar 4,77 dengan kategori tinggi sehingga disimpulkan bahwa model Manajemen Pelatihan Penulisan Ilmiah Bereputasi Nasional memenuhi kriteria keefektifan, kepraktisan dan keterlaksanaan; Respon dari pengelola universitas dan responden terhadap penyelenggaraan model cukup memuaskan, baik mengenai konsep model, penerapan dalam teknis penyelenggaraan maupun persepsi mereka tentang model Manajemen Pelatihan Penulisan Ilmiah Bereputasi Nasional; serta Model Manajemen Pelatihan Penulisan Ilmiah Bereputasi Nasional dapat dikembangkan sebagai alternatif penyelenggaraan dalam manajemen pelatihan di Universitas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Keywords: Model Manajemen Pelatihan, Penulisan Karya Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 May 2025 02:43
Last Modified: 08 May 2025 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62198

Actions (login required)

View Item
View Item