Pengembangan Model Pembelajaran Aktif Berbasis Inquiry Untuk Membangun Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/ HOTS) Mahasiswa Pada Pengajaran Kimia Umum

Tampubolon, Erna Helena M. (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Aktif Berbasis Inquiry Untuk Membangun Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/ HOTS) Mahasiswa Pada Pengajaran Kimia Umum. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8176145001_Cover.pdf] Text
8176145001_Cover.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8176145001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8176145001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8176145001_Abstrak.pdf] Text
8176145001_Abstrak.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of 8176145001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8176145001_Kata_Pengantar.pdf

Download (804kB)
[thumbnail of 8176145001_Daftar_Isi.pdf] Text
8176145001_Daftar_Isi.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of 8176145001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8176145001_Daftar_Tabel.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of 8176145001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8176145001_Daftar_Gambar.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 8176145001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8176145001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 8176145001_BAB_I.pdf] Text
8176145001_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8176145001_BAB_V.pdf] Text
8176145001_BAB_V.pdf

Download (849kB)
[thumbnail of 8176145001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8176145001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran aktif berbasis inquiry (MPABI) merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi. Karena MPABI dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan motivasi belajar kimia, kreativitas mahasiswa, nilai-nilai softskill dan tentunya kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan suatu produk model pembelajaran aktif berbasis inquiry yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi sekaligus mampu mengasah softsill mahasiswa dalam pengajaran kimia khususnya pada materi stuktur atom dan stoikiometri yang terlihat dari peningkatan hasil belajar kimia. Sampel penelitian mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kimia dasar TA 2021/ 2022 di FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan. Adapun prosedur penelitian meliputi 4 tahapan sesuai dengan pendekatan ADIE yang dijabarkan menjadi: (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan sumber belajar dan model pembelajaran aktif berbasis inquiry, (3) implementasi, dan (4) evaluasi. Model pembelajaran MPABI didesain dengan menggunakan bantuan multimedia canva dan video pembelajaran. Hasil penelitian menyatakan bahwa produk pengembangan model pembelajaran aktif berbasis inquiry dan perangkat pembelajaran dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam peningkatan kemampuan tingkat tinggi mahasiswa. Model pembelajaran aktif berbasis inquiry mempunyai 6 sintaks pembelajaran yang telah dimodifikasi yaitu: (1) tahap Orientasi Masalah melalui pengajuan pertanyaan, (2) tahap merumuskan masalah, (3) merumuskan hipotesis dengan mengumpulkan data dan bukti yang mendukung, (4) tahap eksplorasi konsep dengan penjelasan dan pengetahuan ilmiah, (5) pengujian hipotesis (6) menarik kesimpulan, (7) refleksi diri dan evaluasi pembelajaran. Analisis statistik dari data yang diperoleh menunjukkan penerapan model pembelajaran aktif berbasis inquiry sangat efektif dalam peningkatan kemampuan berfikir tingkat tinggi pada pengajaran kimia. Peneliti menyarankan agar model pembelajaran aktif berbasis inquiry dapat diimplementasikan dan diterapkan dalam pengajaran kimia dan sains. Kontribusi ilmiah sebagai produk hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam prosiding seminar Internasional di tahun 2021 pada satu judul artikel yakni The Development and Implementation of An Innovative Inquiry-Based Learning to B

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 540.72 Tam p
Keywords: Model pembelajaran, Berbasis inquiry, Berfikir tingkat tinggi, Pengajaran kimia, Multimedia canva
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2025 05:24
Last Modified: 07 May 2025 05:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62186

Actions (login required)

View Item
View Item