Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Aplikasi Pear Deck Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 1 Lubuk Pakam

Pratidina, Zudya (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Aplikasi Pear Deck Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 1 Lubuk Pakam. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216122009_Cover.pdf] Text
8216122009_Cover.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 8216122009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216122009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216122009_Abstrak.pdf] Text
8216122009_Abstrak.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of 8216122009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216122009_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216122009_Daftar_Isi.pdf] Text
8216122009_Daftar_Isi.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of 8216122009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216122009_Daftar_Tabel.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of 8216122009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216122009_Daftar_Gambar.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 8216122009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216122009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 8216122009_BAB_I.pdf] Text
8216122009_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8216122009_BAB_V.pdf] Text
8216122009_BAB_V.pdf

Download (903kB)
[thumbnail of 8216122009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216122009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran berbantu aplikasi Pear Deck. berbasis model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran berbantu aplikasi Pear Deck. berbasis model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) . Jenis penelitian ini berbentuk R&D dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI SMA N 1 Lubuk Pakam berjumlah 28 siswa. Subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli media dan ahli desain dari dosen Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (94%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (93%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (94%). Hasil pengajuan Hipotesis dapat membuktikan bahwa (1) Media pembelajaran berbantu aplikasi Pear Deck Berbasis model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) layak digunakan (2) Media pembelajaran berbantu aplikasi Pear Deck Berbasis model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif digunakan. Efektivitas rata-rata dari hasil belajar bahasa Prancis siswa dalam menggunakan Aplikasi Pear Deck berbasis model Project Based Learning (PjBL) (Kelas Eksperimen) adalah 86,42%% dan siswa yang menggunakan media pembelajaran gambar dan buku (Kelas Kontrol) adalah 49,5%. Hasil posttest diperoleh harga Thitung= 7,08 pada taraf signifikan α=0,05 dengan dk 27 diperoleh Ttabel=1,674 sehingga Thitung >Ttabel yaitu diperoleh 7,08 > 1,674.Penggunaan media pembelajaran berbantu aplikasi Pear Deck berbasis model pembelajaran Project Based Learning(PjBL) sangat layak dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.36 Pra p
Keywords: Aplikasi Pear Deck, Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar Bahasa Prancis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2025 05:04
Last Modified: 07 May 2025 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62184

Actions (login required)

View Item
View Item