Pengembangan Model Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Multiple Intelligences Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hasanah Medan

Manurung, Purbatua (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Multiple Intelligences Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hasanah Medan. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8176124009_Cover.pdf] Text
8176124009_Cover.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 8176124009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8176124009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8176124009_Abstrak.pdf] Text
8176124009_Abstrak.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 8176124009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8176124009_Kata_Pengantar.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of 8176124009_Daftar_Isi.pdf] Text
8176124009_Daftar_Isi.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 8176124009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8176124009_Daftar_Tabel.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of 8176124009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8176124009_Daftar_Gambar.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 8176124009_BAB_I.pdf] Text
8176124009_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8176124009_BAB_V.pdf] Text
8176124009_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8176124009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8176124009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model strategi pembelajaran Agama Islam materi Al-Qur’an berbasis Multiple Intelligences. Pengembangan model pembelajaran ini dilakukan menggunakan metode penelitian R&D dengan subjek teliti adalah santri kelas VIII Tsanawiyah Raudhatul Hasanah sebanyak 420 santri, pengambilan sampel menggunakan teknik slovin dan menghasilkan sampel 205 santri. Temuan validasi tim ahli menjelaskan bahwa pembuatan model pembelajaran telah mengikuti proses yang benar dan layak digunakan. Eksperimen individu, kelompok kecil, dan lapangan dilakukan sebagai tanggapan terhadap temuan uji kelayakan. Kemanjuran model kemudian dievaluasi dengan membandingkan hasil pretest dan posttest, yang kemudian dilakukan analisis uji-t. Temuan penelitian menjelaskan bahwa produk materi pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.39 Man p
Keywords: Model pembelajaran, Al-Qur’an, Multiple Intelligences
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP174 The practice of Islam
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2025 04:34
Last Modified: 07 May 2025 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62181

Actions (login required)

View Item
View Item