Manurung, Purbatua (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Multiple Intelligences Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hasanah Medan. Doctoral thesis, UNIMED.
8176124009_Cover.pdf
Download (400kB)
8176124009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8176124009_Abstrak.pdf
Download (419kB)
8176124009_Kata_Pengantar.pdf
Download (905kB)
8176124009_Daftar_Isi.pdf
Download (349kB)
8176124009_Daftar_Tabel.pdf
Download (628kB)
8176124009_Daftar_Gambar.pdf
Download (349kB)
8176124009_BAB_I.pdf
Download (7MB)
8176124009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
8176124009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
8176124009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
8176124009_BAB_V.pdf
Download (2MB)
8176124009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model strategi pembelajaran Agama Islam materi Al-Qur’an berbasis Multiple Intelligences. Pengembangan model pembelajaran ini dilakukan menggunakan metode penelitian R&D dengan subjek teliti adalah santri kelas VIII Tsanawiyah Raudhatul Hasanah sebanyak 420 santri, pengambilan sampel menggunakan teknik slovin dan menghasilkan sampel 205 santri. Temuan validasi tim ahli menjelaskan bahwa pembuatan model pembelajaran telah mengikuti proses yang benar dan layak digunakan. Eksperimen individu, kelompok kecil, dan lapangan dilakukan sebagai tanggapan terhadap temuan uji kelayakan. Kemanjuran model kemudian dievaluasi dengan membandingkan hasil pretest dan posttest, yang kemudian dilakukan analisis uji-t. Temuan penelitian menjelaskan bahwa produk materi pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Doctoral) |
|---|---|
| Additional Information: | 371.39 Man p |
| Keywords: | Model pembelajaran, Al-Qur’an, Multiple Intelligences |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP174 The practice of Islam L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education |
| Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 07 May 2025 04:34 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 04:47 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62181 |
