Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Budaya Jawa untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII

Nasution, MHD. Iqbal (2024) Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Budaya Jawa untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226171008_Cover.pdf] Text
8226171008_Cover.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 8226171008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226171008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226171008_Abstrak.pdf] Text
8226171008_Abstrak.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of 8226171008_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226171008_Kata_Pengantar.pdf

Download (894kB)
[thumbnail of 8226171008_Daftar_Isi.pdf] Text
8226171008_Daftar_Isi.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 8226171008_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226171008_Daftar_Tabel.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 8226171008_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226171008_Daftar_Gambar.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 8226171008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226171008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 8226171008_BAB_I.pdf] Text
8226171008_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226171008_BAB_V.pdf] Text
8226171008_BAB_V.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 8226171008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226171008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar peserta didik di SMP Pusaka Bandar Klippa; 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik melalui bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa yang dikembangkan; 3) peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Model pengembangan ini terdiri dari 3 tahap pengembangan yaitu (1) needs assesment, (2) design, dan (3) development/implementation. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh: 1) bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar peserta didik yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa yang telah dikambangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba lapangan sebesar 0,64 yang berada dalam kategori “sedang”; dan 3) Peningkatan motivasi peserta didik dengan bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa yang telah dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan peningkatan sebesar 8,28%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Nas p
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Flipbook, Model Hannafin dan Peck, Budaya Jawa, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 May 2025 09:38
Last Modified: 07 May 2025 00:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62170

Actions (login required)

View Item
View Item