Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Berbantuan Media 4D Frame+BS dan Motivasi Belajar untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Hariaji, Joko (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Berbantuan Media 4D Frame+BS dan Motivasi Belajar untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172024_Cover.pdf] Text
8206172024_Cover.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 8206172024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206172024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 8206172024_Abstrak.pdf] Text
8206172024_Abstrak.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 8206172024_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206172024_Kata_Pengantar.pdf

Download (920kB)
[thumbnail of 8206172024_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172024_Daftar_Isi.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of 8206172024_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172024_Daftar_Tabel.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of 8206172024_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172024_Daftar_Gambar.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 8206172024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206172024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 8206172024_BAB_I.pdf] Text
8206172024_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 8206172024_BAB_V.pdf] Text
8206172024_BAB_V.pdf

Download (903kB)
[thumbnail of 8206172024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh proyek kelas STEAM dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam konsep persamaan dan fungsi kuadrat. penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen di sebuah sekolah di Peureulak, di mana peserta didik ditugaskan untuk mendesain struktur jembatan menggunakan media 4D Frame+BS. Kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik dinilai dengan menggunakan tes uraian dan angket tertutup, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek STEAM, bersama dengan peningkatan motivasi belajar, menyebabkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menyoroti potensi pembelajaran berbasis proyek di kelas STEAM untuk mengatasi kesenjangan dalam motivasi belajar di bidang ini. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini karena penelitian saat ini tentang topik ini masih terbatas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510 Har p
Keywords: Kritik, Media, Model, Motivasi, Proyek.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 May 2025 07:52
Last Modified: 06 May 2025 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62165

Actions (login required)

View Item
View Item