Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis RME Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Kemandirian Belajar Siswa

Sihombing, Fakhrur Rozi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis RME Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Kemandirian Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216171017_Cover.pdf] Text
8216171017_Cover.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 8216171017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216171017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216171017_Abstrak.pdf] Text
8216171017_Abstrak.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of 8216171017_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216171017_Kata_Pengantar.pdf

Download (682kB)
[thumbnail of 8216171017_Daftar_Isi.pdf] Text
8216171017_Daftar_Isi.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of 8216171017_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216171017_Daftar_Tabel.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of 8216171017_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216171017_Daftar_Gambar.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 8216171017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216171017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 8216171017_BAB_I.pdf] Text
8216171017_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8216171017_BAB_V.pdf] Text
8216171017_BAB_V.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of 8216171017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216171017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis realistic mathematic education berbantuan macromedia flash pada pembelajaran matematika; 2) peningkatan kemampuan metakognisi matematis siswa kelas VIII SMP Swasta An-Nizam Medan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis realistic mathematic education berbantuan macromedia flash; 3) peningkatan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Swasta An-Nizam Medan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis realistic mathematic education berbantuan macromedia flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan (4-D). Uji coba dilakukan sebanyak dua kali. Hasil dari penelitian sebagai berikut: 1) kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh validator dengan rata-rata total sebesar 3,77 (kategori “valid”). Sementara itu, kepraktisan media pembelajaran dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba I sebesar 3,4 (terlaksana dengan baik) dan uji coba II yaitu sebesar 3,75 (terlaksana dengan baik) atau kategori praktis. Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari empat aspek yaitu, ketuntasan klasikal, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, skor observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Ketuntasan klasikal kemampuan metakognisi matematis siswa pada uji coba I sebesar 27% (6 siswa) dan uji coba II sebesar 86% (19 siswa). Rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar pada uji coba I sebesar 3,70 (kategori “Baik) dan pada uji coba II sebesar 4,14 (kategori “Terlaksana dengan Baik”). Rata-rata persentase pencapaian waktu ideal aktifitas siswa pada uji coba I sebesar 24,31%, 29,87%, 25,69%, 10,42%, 6,25%, 3,48% dan uji coba II sebesar 21,95%, 26%, 26,4%, 13,9%, 7,64%, dan 2,78%. Rata-rata nilai dari hasil respon siswa pada uji coba I sebesar 3,2 (kategori”Tertarik) dan uji coba II sebesar 3,5 (kategori “Tertarik”); 2) peningkatan kemampuan metakognisi matematis siswa menggunakan media pembelajaran berbasis realistic mathematic education berbantuan macromedia flash yang dikembangkan dilihat dari indeks gain ternormalisasi. Pada uji coba I dengan skor n-gain 0,18 (kriteria “Rendah) dan uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,48 (kriteria “Sedang”); 3) Peningkatan kemandirian belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis realistic mathematic education berbantuan macromedia flash yang dikembangkan dilihat dari meningkatnya rata-rata nilai hasil kemandirian belajar siswa dari uji coba I sebesar 70,91 meningkat menjadi 80,094 pada uji coba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sih p
Keywords: Macromedia Flash, Kemampuan Metakognisi, Kemandirian Belajar Siswa, Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2025 09:34
Last Modified: 02 May 2025 09:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62159

Actions (login required)

View Item
View Item