Pengembangan E-Modul Melalui Model Pembelajaran Matematika dengan Strategi PQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik

Pasaribu, Esra (2024) Pengembangan E-Modul Melalui Model Pembelajaran Matematika dengan Strategi PQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226172019_Cover.pdf] Text
8226172019_Cover.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 8226172019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226172019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (961kB)
[thumbnail of 8226172019_Abstrak.pdf] Text
8226172019_Abstrak.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of 8226172019_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226172019_Kata_Pengantar.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of 8226172019_Daftar_Isi.pdf] Text
8226172019_Daftar_Isi.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of 8226172019_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226172019_Daftar_Tabel.pdf

Download (682kB)
[thumbnail of 8226172019_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226172019_Daftar_Gambar.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 8226172019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226172019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 8226172019_BAB_I.pdf] Text
8226172019_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226172019_BAB_V.pdf] Text
8226172019_BAB_V.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of 8226172019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226172019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas e-modul dengan strategi PQ4R yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik; 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui e-modul dengan strategi PQ4R yang dikembangkan; 3) peningkatan kemandirian belajar peserta didik melalui e-modul dengan strategi PQ4R yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analyze (Analisis), Define (Definisi), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) E-modul dengan strategi PQ4R yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik, sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif menggunakan e-modul dengan strategi PQ4R yang telah dikaembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,36 meningkat menjadi 0,40 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”; dan 3) Peningkatan kemandirian belajar peserta didik menggunakan e-modul dengan strategi PQ4R yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,21 meningkat menjadi 0,32 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Pas p
Keywords: Pengembangan, Pembelajaran, Berpikir, Kreatif, Kemandirian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2025 09:24
Last Modified: 02 May 2025 09:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62158

Actions (login required)

View Item
View Item