Pasaribu, Esra (2024) Pengembangan E-Modul Melalui Model Pembelajaran Matematika dengan Strategi PQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226172019_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172019_Cover.pdf
Download (370kB)
![[thumbnail of 8226172019_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (961kB)
![[thumbnail of 8226172019_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172019_Abstrak.pdf
Download (675kB)
![[thumbnail of 8226172019_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172019_Kata_Pengantar.pdf
Download (635kB)
![[thumbnail of 8226172019_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172019_Daftar_Isi.pdf
Download (913kB)
![[thumbnail of 8226172019_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172019_Daftar_Tabel.pdf
Download (682kB)
![[thumbnail of 8226172019_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172019_Daftar_Gambar.pdf
Download (344kB)
![[thumbnail of 8226172019_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (344kB)
![[thumbnail of 8226172019_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172019_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 8226172019_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172019_BAB_V.pdf
Download (609kB)
![[thumbnail of 8226172019_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas e-modul dengan strategi PQ4R yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik; 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui e-modul dengan strategi PQ4R yang dikembangkan; 3) peningkatan kemandirian belajar peserta didik melalui e-modul dengan strategi PQ4R yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analyze (Analisis), Define (Definisi), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) E-modul dengan strategi PQ4R yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik, sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif menggunakan e-modul dengan strategi PQ4R yang telah dikaembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,36 meningkat menjadi 0,40 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”; dan 3) Peningkatan kemandirian belajar peserta didik menggunakan e-modul dengan strategi PQ4R yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,21 meningkat menjadi 0,32 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Pas p |
Keywords: | Pengembangan, Pembelajaran, Berpikir, Kreatif, Kemandirian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 May 2025 09:24 |
Last Modified: | 02 May 2025 09:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62158 |