UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PUZZLE DI TK SION TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2011/2012

Sembiring, Riana (2012) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PUZZLE DI TK SION TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108314019_COVER.pdf]
Preview
Text
108314019_COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 108314019_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
108314019_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[thumbnail of 108314019_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108314019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 108314019_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108314019_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 108314019_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108314019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 108314019_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
108314019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 108314019_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
108314019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 108314019_BAB I.pdf]
Preview
Text
108314019_BAB I.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 108314019_BAB V.pdf]
Preview
Text
108314019_BAB V.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 108314019_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108314019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak
usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain puzzle di kelas Melati TK SION Tanjung
Morawa.
Subjek penelitian ini adalah anak kelas Melati TK SION Tanjung Morawa,
yang berjumlah 22 orang anak yang terdir i dari 12 anak laki-laki dan 10 anak
perempuan. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap
kelas yang diteliti.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap
siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi. Sebelum
dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu melakukan observasi
pembelajaran dikelas untuk mengetahui pembelajaran di dalam kelas.
Instrumen dalam penelitian ini digunakan lembar observasi perkembangan
kognitif anak dengan indikator sebagai berikut: menyebutkan warna dasar,
mengenal ukuran, berani mener ima tugas, memecahkan masalah yang ada,
memasangkan benda sesuai dengan pasangannya.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari siklus I terdapat 9 orang
anak (40,9%) yang memiliki tingkat kognitif kurang, 7 orang anak (31,8%) yang
memiliki tingkat kognitif cukup, 5 orang anak (22,7%) yang memiliki tingkat
kognitif baik dan hanya 1 orang anak (4,6%) yang memiliki tingkat kognitif
sangat baik. Sedangkan pada siklus II terdapat 2 orang anak (9,1%) yang memiliki
tingkat kognitif kurang, 2 orang anak (9,1%) yang memiliki tingkat kognitif
cukup, 9 orang anak (40,9%) yang memiliki tingkat kognitif baik dan 9 orang
anak (9,1%) yang telah memiliki tingkat kognitif sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui
kegiatan bermain puzzle dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak. Oleh
karena itu, kegiatan bermain puzzle dapat diterapkan pada pembelajaran sebagai
salah satu alternatif dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak di kelas
Melati TK SION Tanjung Morawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Sem u
Keywords: Perkembangan, Fungsi;Jenis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 20 Jul 2016 06:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6215

Actions (login required)

View Item
View Item