Samosir, Sartika Wahyuni (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Komik Digital terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMP. Masters thesis, UNIMED.
8206176003_Cover.pdf
Download (296kB)
8206176003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8206176003_Abstrak.pdf
Download (693kB)
8206176003_Kata_Pengantar.pdf
Download (704kB)
8206176003_Daftar_Isi.pdf
Download (577kB)
8206176003_Daftar_Tabel.pdf
Download (353kB)
8206176003_Daftar_Gambar.pdf
Download (281kB)
8206176003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (280kB)
8206176003_BAB_I.pdf
Download (1MB)
8206176003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (901kB)
8206176003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (972kB)
8206176003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (883kB)
8206176003_BAB_V.pdf
Download (715kB)
8206176003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
8206176003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan penelitian dipicu oleh hasil observasi yang menunjukkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah fisika di kalangan siswa, terutama pada materi usaha dan energi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan komik digital terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Noble Medan, dengan VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemecahan masalah fisika dan media komik digital. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas, diikuti dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan komik digital memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Kelas eksperimen menunjukkan skor post-test yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 530.72 Sam p |
| Keywords: | Problem Based Learning, Komik Digital, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendidikan Fisika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 02 May 2025 04:14 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 03:58 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62147 |
