Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Komik Digital terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMP

Samosir, Sartika (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Komik Digital terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206176003_Cover.pdf] Text
8206176003_Cover.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 8206176003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206176003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206176003_Abstrak.pdf] Text
8206176003_Abstrak.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of 8206176003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206176003_Kata_Pengantar.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of 8206176003_Daftar_Isi.pdf] Text
8206176003_Daftar_Isi.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 8206176003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206176003_Daftar_Tabel.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 8206176003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206176003_Daftar_Gambar.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 8206176003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206176003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 8206176003_BAB_I.pdf] Text
8206176003_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206176003_BAB_V.pdf] Text
8206176003_BAB_V.pdf

Download (715kB)
[thumbnail of 8206176003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206176003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan penelitian dipicu oleh hasil observasi yang menunjukkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah fisika di kalangan siswa, terutama pada materi usaha dan energi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan komik digital terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Noble Medan, dengan VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemecahan masalah fisika dan media komik digital. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas, diikuti dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan komik digital memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Kelas eksperimen menunjukkan skor post-test yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Sam p
Keywords: Problem Based Learning, Komik Digital, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendidikan Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2025 04:14
Last Modified: 02 May 2025 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62147

Actions (login required)

View Item
View Item