Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis TPACK terhadap Capaian pembelajaran siswa

Simanjorang, Nova Srydevi (2024) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis TPACK terhadap Capaian pembelajaran siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226176002_Cover.pdf] Text
8226176002_Cover.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 8226176002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226176002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (959kB)
[thumbnail of 8226176002_Abstrak.pdf] Text
8226176002_Abstrak.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 8226176002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226176002_Kata_Pengantar.pdf

Download (987kB)
[thumbnail of 8226176002_Daftar_Isi.pdf] Text
8226176002_Daftar_Isi.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of 8226176002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226176002_Daftar_Tabel.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 8226176002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226176002_Daftar_Gambar.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8226176002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226176002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8226176002_BAB_I.pdf] Text
8226176002_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8226176002_BAB_V.pdf] Text
8226176002_BAB_V.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 8226176002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226176002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (992kB)

Abstract

Permasalahan penelitian dipicu oleh hasil observasi dengan rendahnya pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis TPACK terhadap capaian pembelajaran siswa. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain control group pretest-postest design. Populasi seluruh siswa kelas XI semester II SMAN 9 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan sampel XI-3 sebagai kelas eksperimen dan XI-2 sebagai kelas kontrol degan menggunakan teknik class random sampling. Instrumen penelitian yaitu instrumen pemahaman konsep dalam ranah kognitif sebagai penilaian pemahaman konsep Fisika dengan jumlah 10 soal dan instrumen penilaian keterampilan proses sains yang berjumlah 10 soal serta teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA . Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah terdapat hubungan positif antara model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbasis TPACK dan pembelajaran konvensional terhadap capaian pembelajaran peserta didik di mana rhitung > rtabel akibatnya H0 ditolak sementara Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Sim p
Keywords: Problem Based Learning, TPACK, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2025 03:58
Last Modified: 02 May 2025 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62146

Actions (login required)

View Item
View Item