Simanjorang, Nova Srydevi (2024) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis TPACK terhadap Capaian pembelajaran siswa. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226176002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226176002_Cover.pdf
Download (325kB)
![[thumbnail of 8226176002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226176002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (959kB)
![[thumbnail of 8226176002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226176002_Abstrak.pdf
Download (589kB)
![[thumbnail of 8226176002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226176002_Kata_Pengantar.pdf
Download (987kB)
![[thumbnail of 8226176002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226176002_Daftar_Isi.pdf
Download (598kB)
![[thumbnail of 8226176002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226176002_Daftar_Tabel.pdf
Download (319kB)
![[thumbnail of 8226176002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226176002_Daftar_Gambar.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of 8226176002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226176002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of 8226176002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226176002_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 8226176002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226176002_BAB_V.pdf
Download (589kB)
![[thumbnail of 8226176002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226176002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (992kB)
Abstract
Permasalahan penelitian dipicu oleh hasil observasi dengan rendahnya pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis TPACK terhadap capaian pembelajaran siswa. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain control group pretest-postest design. Populasi seluruh siswa kelas XI semester II SMAN 9 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan sampel XI-3 sebagai kelas eksperimen dan XI-2 sebagai kelas kontrol degan menggunakan teknik class random sampling. Instrumen penelitian yaitu instrumen pemahaman konsep dalam ranah kognitif sebagai penilaian pemahaman konsep Fisika dengan jumlah 10 soal dan instrumen penilaian keterampilan proses sains yang berjumlah 10 soal serta teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA . Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah terdapat hubungan positif antara model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbasis TPACK dan pembelajaran konvensional terhadap capaian pembelajaran peserta didik di mana rhitung > rtabel akibatnya H0 ditolak sementara Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Sim p |
Keywords: | Problem Based Learning, TPACK, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 May 2025 03:58 |
Last Modified: | 02 May 2025 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62146 |