Fauziah, Sri Cahaya (2012) UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN YANG DI MODIFIKASI DI TK AL-FIKRI SCHOOL MEDAN TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108314023_COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
108314023_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108314023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
108314023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
108314023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
108314023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
108314023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
108314023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
108314023_BAB I.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
108314023_BAB V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
108314023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
Abstract
Perkembangan motorik anak sangat diperlukan. Salah satu cara untuk
mengembangkan kemampuan motorik kasar yaitu dengan melakukan permainan
yang dimodifikasi. Permainan yang dimodifikasi adalah perubahan dalam
permainan dari teknik bermain yang baku menjadi teknik yang sederhana sesuai
dengan karakteristik anak usia dini. Modifikasi yang dilakukan bisa dari segi
bentuk permainan, peraturan, alat, jumlah pemain dan waktu permainan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik kasar
anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan permainan yang dimodifikasi di TK Alfikri
School Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek
penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6
tahun di TK Al-fikri School Medan TA 2011/2012. Subjek penelitian adalah anak
kelas B yang berjumlah 13 orang.
Sebelum melakukan tindakan terlebih dahulu meminta data awal pada guru
kelas untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak. Proses penelitian
dilakukan melalui 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Hasil analisa setelah diberikan tindakan I yaitu permainan bola kasti yang
telah dimodifikasi, dari hasil observasi aktivitas anak di dapat 11 orang anak
(84.6%) yang memiliki kemampuan motorik kasar sedang. Sebanyak 2 orang
anak (15.4%) yang memiliki kemampuan motorik kasar kurang. Pada siklus ini
kemampuan klasikal belum tercapai.
Hasil analisa pada siklus II dari 13 anak terdapat 5 orang anak yang
memiliki kemampuan motorik kasar baik sekali (38.5%), 7 orang anak yang
memiliki kemampuan motorik kasar baik (53.8) dan 1 orang anak yang memiliki
kemampuan motorik kasar sedang (7.7%), dan tidak ada anak yang memperoleh
kemampuan motorik kasar kurang dan kurang sekali. Pada siklus ini kemampuan
klasikal anak sudah tercapai yaitu sebesar 77%. Berdasarkan hasil penelitian ini
diperoleh bahwa permainan yang dimodifikasi dapat mengembangkan
kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Al-fikri School Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Fau u |
Keywords: | Bermain;Perkembangan;Kondisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6214 |