Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Modul Ajar Terhadap Literasi Membaca dan Numerasi

Manullang, Juandi (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Modul Ajar Terhadap Literasi Membaca dan Numerasi. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226176012_Cover.pdf] Text
8226176012_Cover.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 8226176012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226176012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226176012_Abstrak.pdf] Text
8226176012_Abstrak.pdf

Download (758kB)
[thumbnail of 8226176012_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226176012_Kata_Pengantar.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226176012_Daftar_Isi.pdf] Text
8226176012_Daftar_Isi.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of 8226176012_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226176012_Daftar_Tabel.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of 8226176012_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226176012_Daftar_Gambar.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 8226176012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226176012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 8226176012_BAB_I.pdf] Text
8226176012_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226176012_BAB_V.pdf] Text
8226176012_BAB_V.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of 8226176012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226176012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan modul ajar terhadap literasi membaca dan numerasi siswa pada materi gelombang bunyi. Jenis penelitian ini quasi experiment dengan two group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 11 Medan T.P. 2023/2024 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling terpilih 2 kelas, XI MIA-6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA-7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berbentuk pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan isian singkat. Instrumen tes dalam penelitian ini berupa instrumen kognitif untuk menguji literasi membaca dan numerasi siswa. Tes literasi membaca dan numerasi masing-masing 20 soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest literasi membaca pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 35,00 dan 33,17 dan nilai rata-rata pretest numerasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 34,67 dan 32,00. Hasil pengujian hipotesis untuk pretest melalui uji manova (multivariate analysis of variance) diperoleh nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,216 sehingga disimpulkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki kemampuan yang sama dalam literasi membaca dan numerasi. Diberi perlakuan, diperoleh nilai rata rata posttest literasi membaca pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing masing 78,00 dan 72,83 dan nilai rata-rata posttest numerasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 75,33 dan 70,83. Hasil pengujian hipotesis diperoleh koefisien korelasi antara literasi membaca dan numerasi sebesar 0,785 yang menyatakan tingkat hubungan keduanya positif dalam kategori kuat. Uji N Gain untuk literasi membaca siswa pada kelas eksperimen sebesar 66,90% dan kelas kontrol sebesar 59,83%. Pada kelas eksperimen, N-Gain numerasi siswa sebesar 62,40% dan kelas kontrol sebesar 57,71%. Hasil pengujian hipotesis melalui uji manova diperoleh Fhitung = 3,730 nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,03 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap literasi membaca dan numerasi siswa setelah diberikan perlakuan model PBL berbantuan modul ajar pada materi gelombang bunyi di SMA Negeri 11 Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Man p
Keywords: problem based learning, modul ajar, literasi membaca, numerasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2025 04:06
Last Modified: 30 Apr 2025 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62139

Actions (login required)

View Item
View Item