Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Web Google Sites terhadap Literasi Digital dan Hasil Belajar

Zebua, Ita Wira (2024) Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Web Google Sites terhadap Literasi Digital dan Hasil Belajar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206176008_Cover.pdf] Text
8206176008_Cover.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 8206176008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206176008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206176008_Abstrak.pdf] Text
8206176008_Abstrak.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of 8206176008_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206176008_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206176008_Daftar_Isi.pdf] Text
8206176008_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206176008_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206176008_Daftar_Tabel.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 8206176008_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206176008_Daftar_Gambar.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 8206176008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206176008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 8206176008_BAB_I.pdf] Text
8206176008_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8206176008_BAB_V.pdf] Text
8206176008_BAB_V.pdf

Download (880kB)
[thumbnail of 8206176008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206176008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan multimedia interaktif yang berbasis web google sites terhadap literasi digital dan hasil belajar pada materi Fluida Statis di kelas XI IPA SMA. Jenis penelitian ini quasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh kelas XI IPA SMA Katolik Mariana Medan T.A 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 56 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA-1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA-2 (kelas kontrol) yang diambil dengan teknik sampling jenuh, masing – masing kelas berjumlah 28 orang. Instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan lima option dan angket untuk pengukur literasi digital siswa. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji manova dan N-gain. Nilai rata – rata pretes hasil belajar kelas eksperimen sebesar 37,71 dan pada kelas kontrol 34,29. Nilai rata – rata pretes literasi digital kelas eksperimen sebesar 74,57 dan pada kelas kontrol 52,86. Nilai rata – rata literasi digital pada kelas eksperimen sebesar 93,14 dan pada kelas kontrol sebesar 67,25. Nilai rata – rata postes hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 76,14 dan pada kelas kontrol sebesar 56,71. Bedasarkan hasil penelitian diperoleh rata – rata postes literasi digital dan hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Hasil uji manova data postes menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dengan penerapan multimedia interaktif berbasis web google sites terhadap literasi digital dan hasil belajar fisika siswa pada materi Fluida Statis. Peningkatan N-gain literasi digital pada kelas eksperimen 0,72 (tinggi) dan N-gain hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen 0,61 (sedang).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Zeb p
Keywords: web google sites, literasi digital, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2025 03:57
Last Modified: 30 Apr 2025 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62138

Actions (login required)

View Item
View Item