Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP

Sinaga, Ester Sari Pebrina (2024) Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206176008_Cover.pdf] Text
8206176008_Cover.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 8206176008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206176008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206176008_Abstrak.pdf] Text
8206176008_Abstrak.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of 8206176008_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206176008_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206176008_Daftar_Isi.pdf] Text
8206176008_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206176008_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206176008_Daftar_Tabel.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 8206176008_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206176008_Daftar_Gambar.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 8206176008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206176008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 8206176008_BAB_I.pdf] Text
8206176008_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8206176008_BAB_V.pdf] Text
8206176008_BAB_V.pdf

Download (880kB)
[thumbnail of 8206176008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206176008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA berbasis problem based learning yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa SMP dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan modul IPA berbasis problem based learning. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (Implementation) dan evaluasi (evalution). Produk penelitian hasil pengembangan berupa modul IPA berbasis problem based learning pada materi usaha dan pesawat sederhana. Uji coba produk meliputi uji coba terbatas pada siswa kelas VIII SMP Swasta Tri Murni. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu modul IPA berbasis problem based learning, soal pretest-posttest dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Kelayakan modul fisika berbasis discovery learning dilihat dari rata-rata skor penilaian validator dan respon siswa yang diubah menjadi kategori kualitatif. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa diketahui berdasarkan hasil pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul IPA berbasis problem based learning yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa SMP Swasta Tri Murni Medan berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Swasta Tri Murni memiliki nilai rata-rata sebesar 92,05% dengan kategori sangat valid dan penerapan modul IPA berbasis problem based learning pada materi usaha dan pesawat sederhana mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP dengan nilai standar gain 0,71 dan termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Sin p
Keywords: Model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2025 03:46
Last Modified: 30 Apr 2025 03:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62137

Actions (login required)

View Item
View Item