Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTs) Pada Materi Biologi Semester Ganjil Kelas XI SMA Negeri 2 Kotapinang T.P. 2023/2024

Nasution, Rena Mahriani (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTs) Pada Materi Biologi Semester Ganjil Kelas XI SMA Negeri 2 Kotapinang T.P. 2023/2024. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226174001_Cover.pdf] Text
8226174001_Cover.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8226174001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226174001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 8226174001_Abstrak.pdf] Text
8226174001_Abstrak.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 8226174001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226174001_Kata_Pengantar.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226174001_Daftar_Isi.pdf] Text
8226174001_Daftar_Isi.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226174001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226174001_Daftar_Tabel.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8226174001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226174001_Daftar_Gambar.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8226174001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226174001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 8226174001_BAB_I.pdf] Text
8226174001_BAB_I.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 8226174001_BAB_V.pdf] Text
8226174001_BAB_V.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 8226174001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226174001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTs pada materi biologi semester ganjil kelas XI SMA, ditinjau dari aspek kelayakan, kualitas instrumen, keefektifan dan respon guru biologi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D (define, design, develop dan disseminate) dengan target sasaran yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kotapinang. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara, lembar validasi ahli dan angket. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: analisis kelayakan, analisis kualitas butir tes (tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas dan reliabilitas tes), analisis keefektifan dan analisis respon angket guru. Instrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTs dikembangkan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 50 soal pada level C4 (31 soal), C5 (13 soal) dan C6 (6 soal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian validator ahli diperoleh rata-rata persentase skor keseluruhan sebesar 85,0% atau telah memenuhi kriteria layak. Hasil ujicoba pengembangan untuk tingkat kesukaran butir tes, dari 50 soal terdapat 7 soal tergolong sukar dan 43 soal tergolong sedang; hasil uji daya pembeda terdapat 8 soal tergolong cukup dan 42 soal tergolong baik; hasil uji validitas butir tes dari 50 soal seluruhnya dinyatakan valid (sahih) dan reliabel dengan tingkat kepercayaan atau kehandalan yang tergolong sangat tinggi (r11 = 0,884). Instrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTs yang dihasilkan juga efektif dalam mengukur kemampuan HOTs biologi siswa berdasarkan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar siswa klasikal (3 kelas) mencapai 92,2%. Respon guru biologi juga tergolong sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 82,2%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa instrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTs pada materi biologi semester ganjil kelas XI SMA yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak, berkualitas dan efektif digunakan dalam mengukur kemampuan HOTs siswa, serta respon guru biologi terhadap instrumen juga tergolong sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.72 Nas p
Keywords: Instrumen Penilaian Hasil Belajar, HOTs, Biologi, SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:40
Last Modified: 29 Apr 2025 07:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62129

Actions (login required)

View Item
View Item