Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Bioteknologi Kelas XII SMA Berbasis HOTS dan Kemampuan Berpikir Kritis

Hasibuan, Yuli Varananda (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Bioteknologi Kelas XII SMA Berbasis HOTS dan Kemampuan Berpikir Kritis. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226174012_Cover.pdf] Text
8226174012_Cover.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of 8226174012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226174012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226174012_Abstrak.pdf] Text
8226174012_Abstrak.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of 8226174012_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226174012_Kata_Pengantar.pdf

Download (805kB)
[thumbnail of 8226174012_Daftar_Isi.pdf] Text
8226174012_Daftar_Isi.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of 8226174012_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226174012_Daftar_Tabel.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 8226174012_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226174012_Daftar_Gambar.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 8226174012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226174012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 8226174012_BAB_I.pdf] Text
8226174012_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226174012_BAB_V.pdf] Text
8226174012_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226174012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226174012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan instrumen penilaian hasil belajar materi bioteknologi kelas XII SMA berbasis HOTS dan kemampuan berpikir kritis, menggunakan model 4D. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, lembar validasi ahli dan angket respon guru. Teknik analisis data mencakup analisis kelayakan berdasarkan penilaian validator ahli, analisis butir tes dan analisis respon guru biologi. Instrumen dikembangkan dalam bentuk pilihan berganda (50 soal) berbasis HOTS dan bentuk essai/uraian (5 soal) berbasis kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian validator ahli diperoleh rerata persentase sebesar 89,2% (sangat layak). Hasil ujicoba dan analisis butir tes, untuk soal pilihan berganda sebanyak 37 soal valid dan 3 soal tidak valid (gugur) serta dinyatakan reliabel, dengan tingkat kesukaran sebanyak 7 soal sukar, 30 soal sedang dan 3 soal mudah, serta daya pembeda sebanyak 11 soal cukup dan 29 soal baik. Untuk soal essai/uraian, semuanya (5 soal) dinyatakan valid dan reliabel, dengan tingkat kesukaran sebanyak 1 soal sukar dan 4 soal sedang, serta daya pembeda sebanyak 4 soal cukup dan 1 soal baik. Respon guru biologi diperoleh rata-rata persentase 82,0% (sangat baik). Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa instrumen penilaian hasil belajar materi bioteknologi kelas XII SMA berbasis HOTS dan kemampuan berpikir kritis telah dinyatakan sangat layak dengan tingkat kehandalan yang tinggi untuk digunakan sebagai alat dalam mengukur kemampuan HOTS dan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bioteknologi kelas XII SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.72 Has p
Keywords: Bioteknologi, HOTS, Instrumen Penilaian, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:32
Last Modified: 29 Apr 2025 07:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62127

Actions (login required)

View Item
View Item