Lumban Tobing, Priskila Uli Arta (2024) Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan Asesmen Autentik Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8206174002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206174002_Cover.pdf
Download (357kB)
![[thumbnail of 8206174002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206174002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8206174002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206174002_Abstrak.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 8206174002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206174002_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8206174002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206174002_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 8206174002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206174002_Daftar_Tabel.pdf
Download (980kB)
![[thumbnail of 8206174002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206174002_Daftar_Gambar.pdf
Download (532kB)
![[thumbnail of 8206174002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206174002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (575kB)
![[thumbnail of 8206174002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206174002_BAB_I.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 8206174002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206174002_BAB_V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8206174002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206174002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan kemampuan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) dan asesmen autentik mahasiswa calon guru biologi dalam pelaksanaan pengenalan lapangan persekolahan (PLP). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel penelitian 55 mahasiswa Universitas Negeri Medan yang telah melaksanakan PLP II di tingkat SMA Kelas XI. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa mahasiswa calon guru biologi UNIMED memiliki kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) yang dikategorikan sangat baik, yaitu TK (89,39), PK (89,70), CK (88,48), TPK (91,31), TCK (89,90), PCK (92,53), dan TPACK (86,55). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi di Universitas Negeri Medan dalam mengintegrasikan TPACK pada pelaksanaan PLP II dikategorikan sangat baik. Dua aspek yang dievaluasi, yaitu aspek TPK (85,76) dan PCK (87,68). Tiga aspek yang dievaluasi dalam kemampuan mahasiswa calon guru biologi di Universitas Negeri Medan dalam melakukan asesmen autentik pada pelaksanaan PLP di tingkat SMA, yaitu kemampuan dalam membuat perencanaan asesmen autentik memiliki nilai rata-rata 93,94, kemampuan dalam melaksanakan asesmen autentik memiliki nilai rata-rata 94,55, dan hambatan dalam melakukan asesmen autentik memiliki nilai rata-rata 75,00.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 375.001 Lum a |
Keywords: | TPACK, Asesmen Autentik, Mahasiswa Calon Guru Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:24 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62126 |