Simatupang, Christine (2012) EFEKTIVITAS METODE BERMAIN PERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108314004_COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
108314004_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (853kB) | Preview
108314004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
108314004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
108314004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
108314004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
108314004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
108314004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
108314004_BAB I.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108314004_BAB V.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
108314004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Christine. N. Simatupang Efektivitas Metode Bermain Peran dalam Upaya
Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santa Lusia
Kec. Medan Perjuangan T.A. 2011/2012. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Medan, 2012.
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah
efektivitas metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kemampuan sosial
anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan T.A. 2011/2012. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat sejauh mana efektivitas metode bermain peran dalam
upaya meningkatkan kemampuan sosial anak. Penelitian dilakukan terhadap anak
usia 5-6 tahun di kelas B II TK Santa Lusia Medan. Subjek penelitian ini adalah
anak kelas B II TK Santa Lusia Medan, yang berjumlah 47 orang anak yang
terdiri dari 25 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Penentuan subjek
dilakukan dengan menggunakan random sampling untuk menentukan kelas B II
sebagai subjek dalam penelitian.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap
siklus dan pertemuan dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Perbedaan pada siklus I dan II terletak pada
pelaksanaan tindakan bermain peran dilihat dari sisi pemilihan pemain atau
partisipan serta alat dan bahan yang digunakan dalam bermain peran. Alat
pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Sebelum
dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu mengamati proses
pembelajaran awal anak atau kegiatan observasi awal sebelum tindakan siklus I
dilaksanakan yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kemampuan sosial anak
juga untuk melihat kekurangan yang dialami anak selama proses belajar dan
bermain.
Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi
kemampuan sosial anak dengan indikator: bersikap kooperatif, empati, sikap
toleran, bersikap tata krama dan sopan santun, memahami peraturan dan disiplin.
Berdasarkan analisis data dan observasi tingkat kemampuan sosial anak
pada siklus I terdapat 3 orang anak (6%) tergolong kurang, 10 orang anak (21%)
tergolong cukup, 22 orang anak (47%) tergolong baik, dan 12 orang anak (26%)
tergolong baik sekali. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 1 orang anak (2%)
memiliki kategori kurang, 2 orang anak (4%) memiliki kategori cukup, 28 orang
anak (60%) memiliki kategori baik, dan 16 orang anak (34%) memiliki
kemampuan sosial baik sekali.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa efektivitas
metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial anak. Oleh karena
itu, metode bermain peran dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam
meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sim e |
Keywords: | Perkembangan;Meningkatkan;Faktor |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6211 |