Pengembangan Buku Digital Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gotong-royong dalam Tolong-menolong Siswa Kelas V SD Negeri 055981 Beruam

Br. Simanungkalit, Priska Nurlia (2024) Pengembangan Buku Digital Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gotong-royong dalam Tolong-menolong Siswa Kelas V SD Negeri 055981 Beruam. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226182029_Cover.pdf] Text
8226182029_Cover.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 8226182029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226182029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (860kB)
[thumbnail of 8226182029_Abstrak.pdf] Text
8226182029_Abstrak.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 8226182029_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226182029_Kata_Pengantar.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Isi.pdf] Text
8226182029_Daftar_Isi.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226182029_Daftar_Tabel.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226182029_Daftar_Gambar.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226182029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8226182029_BAB_I.pdf] Text
8226182029_BAB_I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 8226182029_BAB_V.pdf] Text
8226182029_BAB_V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226182029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (313kB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi digital saat proses pembelajaran yang kurang maksimal,memiliki dampak yang kuat terhadap hasil belajar siswa yang rendah, sehingga diperlukan inovasi baru untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuanuntuk menghasilkan produk buku digital berbasis canva, menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan buku digital berbasis canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan fokus produk yang dikembangkan memiliki tingkat layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai sumber belajar. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D dengan tahapan define, design, developt, dan disseminate serta subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi, media, bahasa, guru dan siswa. Buku digital berbasis canva materi gotong-royong dalam tolong-menolong secara keseluruhan dinyatakan layak, praktis dan efektif, hal ini terbukti dari hasil kelayakan validasi ahli materi tahap I sebesar 86% capaian sangat layak dan tahap II sebesar 93% capaian sangat layak, kemudian ahli media tahap I sebesar 71% capaian cukup dan tahap II sebesar 94% capaian sangat layak dan terakhir ahli bahasa tahap I sebesar 73% capaian layak dan tahap II sebesar 94% capaian sangat layak. Kemudian, hasil uji kepraktisan yang terhadap guru dan siswa didapat hasil rata-rata dari 30 siswa mendapatkan persentase kepraktisan sebesar 88% capaian sangat praktis dan ratarata penilaian guru mendapatkan persentase sebesar 94% capaian sangat praktis, sehingga ditotalkan dari penilaian kepraktisan didapat rata-ratanya sebesar 91% capaian sangat praktis. Terakhir, keefektifan buku digital berbasis canva dilakukan dengan uji gain dan hasil uji gain mengenai hasil belajar siswa kelas V mendapatkan nilai sebesar 0.71 terkategori tinggi, dapat disimpulkan bahwa buku digital berbasis canva yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan yang baik serta dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah dengan menggunakan buku digital berbasis canva ini, kemampuan guru dan siswa dalam pemanfaatan teknologi digital saat belajar semakin meningkat, pembelajaran berjalan dengan efektif dan efesien sehingga hasil belajar yang didapatkan siswa lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Sim b
Keywords: Buku Digital, Canva, Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Apr 2025 05:56
Last Modified: 22 Apr 2025 05:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62085

Actions (login required)

View Item
View Item