Sembiring, Ida Lestari (2012) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DI TK HOSANNA DESA PERIA-RIA DUSUN II KEC SIBIRU-BIRU T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108314012_COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
108314012_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
108314012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108314012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
108314012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
108314012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
108314012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
108314012 _DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
108314012_BAB I.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
108314012_BAB V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
108314012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui metode di TK Hosanna Desa peria-ria dusun II Kec Sibiru-biru T.A 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk memproleh gambaran mengenai mengembangkan kemampuan berbicara anak TK melalui metode bercerita. Tarigan (2007) mengemukakan berbicara adalah kemampuan mengucapakan bunyi-bunyian artikulasi atau kata-kata untuk mengeksprolasikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan atau perasaan. Moeslichatoen (2004:157) mengungkapkan bahwa metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak TK dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan.Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian terdiri dari 2 siklus, siklus I dan II masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Dalam setiap siklus dan pertemuan dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini digunakan lembar observasi kemampuan berbicara anak Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 15 orang anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Analisis data menggunakan rumus P = f x 100 n Interval = rentang , Jumlah skor yang diproleh x 100%Jumlah skor yang diamati Banyak kelas .Hasil analisis data observasi awal diperoleh pada siklus pertama pertemuan ke dua adalah 3 atau 15% pada tingkat kemampuan berbicara anak baik sekali. Pada siklus kedua pertemuan ke dua adalah 10 atau 50% pada tingkat kemampuan berbicara anak baik sekali. Hasil penelitian menujukan bahwa menggunakan metode berceria dapat meningkatkan kemampuan berbiacara anak kelas B TK Hosanna Desa Peria-ria. Disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sem m |
Keywords: | Kemampuan Berbicara; Metode Bercerita |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6207 |