PENGARUH MEDIA ISPRING BERBASIS PERHITUNGAN KIMIA KOMPUTASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA

Indriyani, Nabila (2024) PENGARUH MEDIA ISPRING BERBASIS PERHITUNGAN KIMIA KOMPUTASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131026_Cover.pdf] Text
4203131026_Cover.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4203131026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4203131026_Abstrak.pdf] Text
4203131026_Abstrak.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 4203131026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131026_Kata_Pengantar.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 4203131026_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131026_Daftar_Isi.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 4203131026_BAB_I.pdf] Text
4203131026_BAB_I.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 4203131026_BAB_V.pdf] Text
4203131026_BAB_V.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4203131026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya perbedaan hasil belajar siswa dan menentukan adanya hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di Sekolah Menengah Atas di kota Medan sebanyak dua kelas yakni kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X5 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor angket motivasi belajar dan hasil tes yang didapat melalui posttest, angket dalam bentuk pernyataan dan soal dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menujukkan bahwa adannya perbedaan antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media ispring berbasis perhitungan kimia komputasi dalam model pembelajaaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata – rata posttest hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Begitupun dengan motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis posttest dengan menggunakan uji – t diperoleh bahwa thitung>ttabel = 2,993 > 2,035. Hasil motivasi belajar siswa dengan menggunakan uji – t diperoleh bahwa thitung>ttabel = 4,37 > 2,035. Hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa korelasinya sebesar 0,793 (korelasi tinggi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.785 Ind p
Keywords: Motivasi; Kimia komputasi; Pembelajaran kooperatif; Sistem periodik unsur; Media iSpring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:05
Last Modified: 17 Apr 2025 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62063

Actions (login required)

View Item
View Item