Sari, Jenita Mayang (2015) HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS VI SD TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN AMPLAS T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113111030_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1113111030_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
1113111030_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
1113111030_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1113111030_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
1113111030_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1113111030_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1113111030_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1113111030_BAB I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
1113111030_BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
1113111030_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Ekstrakurikuler adalah suatu program pendidikan yang disediakan untuk membelajarkan siswa dimana siswa melakukan berbagai kegiatan belajar sehingga terjadi perubahan pada tingkah laku siswa. Ekstrakurikuler pramuka mempunyai tujuan mendidik anak-anak pemuda Indonesia agar berwatak luhur, disiplin dan menjunjung tinggi nilai bangsa. Perilaku disiplin merupakan kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menggambarkan ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, ketertiban yang berdasarkan pengendalian perilakunya. Siswa yang memiliki disiplin akan lebih menunjukkan kepatuhan dan ketaatan terhadap perannya sebagai seorang pelajar. Namun kenyataannya perilaku disiplin masih sering diabaikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan ekstrakurikuler pramuka terhadap perilaku disiplin siswa kelas VI SD Taman Pendidikan Islam Medan Amplas Tahun Ajaran 2014/2015.Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Taman Pendidikan Islam Medan Amplas yang berjumlah 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket Ekstrakurikuler Pramuka (X) sebanyak 18 soal dan Perilaku Disiplin Siswa (Y) sebanyak 17 soal. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment dan uji-t.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa implementasi ekstrakurikuler pramuka tergolong baik dengan skor rata-rata 72,30. Perilaku disiplin siswa juga tergolong baik dengan skor rata-rata 73,74. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai rhitung > rtabel atau 0,610 > 0,279 dan thitung > ttabel atau 5,34 > 1,675. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ekstrakurikuler Pramuka berhubungan terhadap Perilaku Disiplin Siswa Kelas VI SD Taman Pendidikan Islam Medan Amplas Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 Sar h |
Keywords: | Kegiatan Ekstrakulikuler; Pramuka |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6203 |