Naldi, Anri (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE RESITASI (RECITATION METHOD) PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD N 106164 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313029_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
108313029_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
108313029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
108313029_Abstrak.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
108313029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
108313029_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
108313029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
108313029_BAB I.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
108313029_BAB V.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
108313029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106164 Sambirejo Timur yang berlokasi di desa Sambirejo Timur, Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Peneliti melakukan penelitian selama 2 bulan yaitu mulai dari bulan Mei sampai bulan Juni. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar Sains siswa kelas IV SD N 106164 Sambirejo Timur. Tujuan dari penlitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Sains siswa kelas IV SD N 106164 Sambirejo Timur”. Dengan penggunaan metode resitasi (pemberian tugas) Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan, peneliti melakukan observasi dan tes awal (pretes) untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran Sains khususnya pada pokok bahasan perubahan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 29 orang siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Sains melalui penggunaan metode resitasi (pemberian tugas). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan obsrvasi dan tes hasil belajar siswa. Dari hasil analisis diperoleh data hasil belajar siswa pada tes awal dari jumlah siswa 29 orang hanya 8 siswa (27,59%) yang dinyatakan tuntas belajar dan 21 siswa lagi (72,41%) dinyatakan tidak tuntas belajar. Dari hasil tes awal diketahui tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar (27,59%) yang berarti belum memenuhi syarat ketuntasan belajar. Dari hasil tindakan siklus I terlihat adanya peningkatan hasil ketuntasan belajar siswa, dari jumlah siswa 29 orang ada 14 siswa (48,28%) yang dinyatakan tuntas belajar dan 15 siswa lagi (51,72%) masih dinyatakan tidak tuntas belajar, dari hasil siklus I diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah sebesar (48,28%) yang juga masih tergolong belum tuntas belajar. Dari hasil tindakan perbaikan siklus II dari jumlah siswa 29 orang dinyatakan 25 orang (86,21%) dinyatakan tuntas belajar dan 4 orang (13,79 %) lagi belum tuntas belajar dikarenakan 4 orang anak tersebut rata-rata pengetahuannya masih dibawah rata-rata. Dari hasil tersebut diketahui bahwa pada siklus II tersebut dari jumlah siswa 29 orang sudah 25 siswa dinyatakan tuntas belajar dan 4 siswa belum tuntas belajar. Berdasarkan penjelasan di atas mengenai penggunaan metode resitasi yang diterapkan pada siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada pokok bahasan perubahan lingkungan pada siswa kelas IV SD N 106164 Sambirejo Timur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Nal u |
Keywords: | Guru Sekolah Dasar; Metode Resitasi; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6202 |