IMPLEMENTASI CONTENT MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA TOKO GOGO KOTA PEMATANGSIANTAR

PURBA, GRACE SILVIA ANASTASIA (2024) IMPLEMENTASI CONTENT MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA TOKO GOGO KOTA PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203550009_Cover.pdf] Text
7203550009_Cover.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 7203550009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203550009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203550009_Abstrak.pdf] Text
7203550009_Abstrak.pdf

Download (747kB)
[thumbnail of 7203550009_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203550009_Kata_Pengantar.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of 7203550009_Daftar_Isi.pdf] Text
7203550009_Daftar_Isi.pdf

Download (996kB)
[thumbnail of 7203550009_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203550009_Daftar_Gambar.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of 7203550009_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203550009_Daftar_Tabel.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 7203550009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203550009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 7203550009_BAB_I.pdf] Text
7203550009_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203550009_BAB_V.pdf] Text
7203550009_BAB_V.pdf

Download (947kB)
[thumbnail of 7203550009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203550009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (677kB)

Abstract

Media sosial merupakan salah satu alat pemasaran digital yang paling banyak digunakan, di mana berbagai jenis konten dapat disajikan untuk menarik perhatian audiens. Penggunaan content marketing dalam media sosial menjadi sangat penting dimanfaatkan bagi pelaku bisnis agar usaha atau produk mereka dapat lebih dikenal dan diterima dalam persaingan pasar. Namun, masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkan strategi ini, salah satunya adalah Toko Gogo Kota Pematangsiantar. Pemilik usaha ini belum memahami bagaimana strategi content marketing yang harus diterapkan, sehingga jangkauan pemasaran Toko Gogo hanya terbatas secara konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan content marketing melalui media sosial pada Toko Gogo Kota Pematangsiantar, dengan tujuan meningkatkan jangkauan pemasaran. Penerapan content marketing dilakukan dengan menggunakan strategi yang dikemukakan oleh Kotler, Kartajaya, dan Setiawan, yaitu: menentukan tujuan, pemetaan target pasar, ide dan perencanaan konten, pembuatan konten, distribusi konten, penguatan konten, mengevaluasi konten, dan perbaikan konten. Indikator yang digunakan sebagai alat pengukuran keberhasilan implementasi konten menggunakan data Instagram Insight, yaitu; accounts reached, accounts engaged, dan total followers. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif teori Miles & Huberman, meliputi; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui tiga metode, yaitu; dokumentasi, observasi, dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi content marketing pada akun Instagram Business @tokogogo_siantar dapat meningkatkan jangkauan pemasaran Toko Gogo Kota Pematangsiantar. Hal ini terlihat dari data Instagram Insight yang menunjukkan tingkat jangkauan akun mencapai 20.846 jangkauan, tingkat interaksi akun mencapai 1000 interaksi, dan total pengikut sebanyak 548 pengikut. Peningkatan ini menunjukkan bahwa strategi content marketing yang diterapkan memperluas jangkauan pemasaran Toko Gogo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemasaran Konten, Media Sosial, Instagram Insight.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Bisnis Digital
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:58
Last Modified: 15 Apr 2025 07:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62019

Actions (login required)

View Item
View Item