Munthe, Alysia Arnopi (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203331039_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331039_Cover.pdf
Download (46kB)
![[thumbnail of 4203331039_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of 4203331039_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331039_Abstrak.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 4203331039_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331039_Kata_Pengantar.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of 4203331039_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331039_Daftar_Isi.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 4203331039_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331039_BAB_I.pdf
Download (78kB)
![[thumbnail of 4203331039_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331039_BAB_V.pdf
Download (46kB)
![[thumbnail of 4203331039_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (72kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tingkat kevalidan dan respon peserta didik terhadap bahan ajar berasis literasi sains pada materi ikatan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Kesuma Bangsa. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen kimia, guru dan peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak satu kelas yakni kelas X KM 1. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan wawancara yaitu kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta. Kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi yang dipelajari tentang literasi sains juga menjadi salah satu tuntutan dalam pembelajaran kimia. Berdasarkan kevalidan menunjukkan bahwa bahan ajar berupa modul yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan kriteria “Sangat Valid” dengan persentase keseluruhan 89,3%%, kemudian berdasarkan hasil pengolahan angket respon siswa, diperoleh bahwa bahan ajar berupa modul yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 94,15% yang termasuk kedalam kriteria “Sangat Setuju”. Oleh karena itu, modul berbasis ikatan kimia pada materi ikatan kimia valid digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 Mun p |
Keywords: | Modul; Literasi sains; Ikatan kimia; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 04:59 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61931 |