PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI IKATAN KIMIA

Munthe, Alysia Arnopi (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331039_Cover.pdf] Text
4203331039_Cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 4203331039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 4203331039_Abstrak.pdf] Text
4203331039_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4203331039_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331039_Kata_Pengantar.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4203331039_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331039_Daftar_Isi.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4203331039_BAB_I.pdf] Text
4203331039_BAB_I.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4203331039_BAB_V.pdf] Text
4203331039_BAB_V.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 4203331039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tingkat kevalidan dan respon peserta didik terhadap bahan ajar berasis literasi sains pada materi ikatan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Kesuma Bangsa. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen kimia, guru dan peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak satu kelas yakni kelas X KM 1. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan wawancara yaitu kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta. Kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi yang dipelajari tentang literasi sains juga menjadi salah satu tuntutan dalam pembelajaran kimia. Berdasarkan kevalidan menunjukkan bahwa bahan ajar berupa modul yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan kriteria “Sangat Valid” dengan persentase keseluruhan 89,3%%, kemudian berdasarkan hasil pengolahan angket respon siswa, diperoleh bahwa bahan ajar berupa modul yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 94,15% yang termasuk kedalam kriteria “Sangat Setuju”. Oleh karena itu, modul berbasis ikatan kimia pada materi ikatan kimia valid digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.224 Mun p
Keywords: Modul; Literasi sains; Ikatan kimia; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Apr 2025 04:59
Last Modified: 10 Apr 2025 04:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61931

Actions (login required)

View Item
View Item