Manullang, LesmanHendry (2024) PENERAPAN PEWARNAAN GRAF MENGGUNAKAN ALGORITMA WELCH-POWELLUNTUK KEEFEKTIFAN LAMPU LALU LINTAS DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4172230004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172230004_Cover.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of 4172230004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172230004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (887kB)
![[thumbnail of 4172230004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172230004_Abstrak.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 4172230004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172230004_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 4172230004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172230004_Daftar_Isi.pdf
Download (105kB)
![[thumbnail of 4172230004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172230004_Daftar_Gambar.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of 4172230004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172230004_BAB_I.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of 4172230004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172230004_BAB_V.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of 4172230004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172230004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (80kB)
Abstract
Lampu lalu lintas merupakan alat yang digunakan untuk mengatur kelancaraan lalu
lintas di persimpangan jalan. Namun kadang kala masih banyak kemacetan yang
terjadi di banyak persimpangan jalan dimana lampu lalu lintas sudah digunakan
untuk mengatasi nya. Ada salah satu cara yang dapat membantu pengaturan lalu
lintas ini yaitu menggunakan teori graf. Terdapat banyak aplikasi yang berkaitan
pada teori graf , salah satunya yaitu pewarnaan graf. AlgoritmaWelch-Powell
merupakan salah satu algoritma pada pewarnaan graf yang banyak digunakan
untuk pengaturan lampu lalu lintas. Semakin efektif durasi lampu lalu lintas
maka konsentrasi/kepadatan kendaraan semakin rendah. Berdasarkan perhitungan
tingkat keefektivitasan durasi total pengaturan lalu lintas data sekunder dengan data
baru pada persimpangan Bilal-Krakatu bahwa pada interval waktu 07.00-08.30
menghasilkan tingkat efektivitas pada durasi lampu hijau bertambah 19; 59% dan
durasi lampu merah berkurang sebesar 7; 19%. Untuk interval waktu 12.00-13.30
menghasilkan tingkat efektivitas durasi lampu hijau bertambah sebesar 0; 15% dan
durasi lampu merah berkurang sebesar 0; 29%. Untuk interval waktu 17.00-18.30
tingkat keefektivitas durasi lampu hijau bertambah 1; 60% dan durasi lampu merah
berkurang sebesar 0; 79%. Adapun tingkat keefektivitasan total pengaturan lalu
lintas pada data sekunder dengan data baru pada persimpangan Bilal-Yos Sudarso
pada interval waktu 07.00-08.30, tingkat efektivitas durasi lampu hijau bertambah
sebesar 32; 01% dan durasi lampu merah berkurang sebesar 10; 48%. Untuk
interval waktu 12.00-13.30 menghasilkan tingkat efektivitas durasi lampu hijau
bertambah sebesar 12; 76% dan durasi lampu merah berkurang sebesar 5; 11%.
Untuk interval waktu 17.00-18.30 tingkat efektivitas durasi lampu hijau bertambah
sebesar 11; 09% dan durasi lampu merah berkurang sebesar 4; 56%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pewarnaan Graf,Algoritma Welch-Powell,Lalu Lintas. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 02:31 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61896 |