Pandiangan, Junando (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136142012 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 8136142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM. 8136142012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM. 8136142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 8136142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6. NIM. 8136142012 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 8136142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 8136142012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 8136142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM. 8136142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. NIM. 8136142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia inovatif dengan pendekatan saintifik terintegrasi pendidikan karakter pada pokok bahasan hidrokarbon. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan hidrokarbon. Adapun, sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 3 dosen kimia dan 6 orang guru kimia kelas XI di kota Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Bahan ajar penerbit A dianalisis berdasarkan kurikulum 2013 oleh dosen dan guru kimia. Hasil analisis bahan ajar penerbit A berdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rata-rata 2,66 adalah valid, artinya sudah layak dan sebagian isi bahan ajar perlu direvisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan dinilai oleh dosen dan guru kimia. Penilaian dilakukan dengan 2 cara, yaitu berdasarkan kurikulum 2013 dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Hasil analisis berdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rata-rata sebesar 3,42 adalah valid artinya sangat layak digunakan dan tidak perlu revisi. Hasil analisis berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 3,32 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan bahasa 3,37 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan penyajian 3,38 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kepada siswa. Pengujian terhadap siswa dilakukan dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap siswa kelas eksperimen diberikan bahan ajar kimia inovatif yang telah dikembangkan, sedangkan siswa kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang telah ada sebelumnya. Nilai rata-rata gain ternormalisasi pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,52 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,72 dan efektivitas penggunaan bahan ajar kimia inovatif pada pokok bahasan hidrokarbon terintegrasi pendidikan karakter diperoleh sebesar 13,7%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Pan p |
Keywords: | Pengembangan bahan; Pendekatan saintifik; Pendidikan karakter; Hidrokarbon; Bahan ajar kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 02:17 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6189 |