Vitasary, Dian (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 067242 SUNGGAL T.A 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123111020 COVER.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2. NIM 1123111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. NIM 1123111020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM 1123111020 KNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM 1123111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
6. NIM 1123111020 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 1123111020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8. NIM 1123111020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 1123111020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM 1123111020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM 1123111020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPS dengan materi pokok Aktivitas Ekonomi yang Memanfaatkan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di Daerahnya , model yang digunakan guru kurang kreatif, dan siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, sehingga penelitian dilaksanakan menggunakan moled Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPS dengan materi pokok Aktivitas Ekonomi yang Memanfaatkan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di Daerahnya.
Peneliti ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas IV yang berjumlah 36 orang siswa di SD Negeri 067242 Sunggal. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang diteliti dan berdasrkan pengamatan penelitian dan guru kelas. Pelaksanaan PTK dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan melalui empat tahapan, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa lembar observasi dan angket.
Hasil penelitian ini melalui observasi tentang motivasi terhadap 36 siswa dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa masih sangat rendah pada siklus I pertemuan Ke- 1 dengan rata-rata 56,8% lalu pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 63,3% dan pada siklus II pertemuan ke-1 meningkat lagi menjadi 74,3% selanjutnya pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 82%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa motivasi belajar siswa pada materi pokok Aktivitas Ekonomi yang Memanfaatkan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di Daerahnya sudah tergolong sangat baik. Kemudian dari hasil angket yang di berikan kepada 36 orang siswa dari siklus I hingga siklus II diperoleh hasil yang terus meningkat dari sekiaan siswa. Pada sisklus I menunjukkan sebanyak 24 orang siswa yang tergolong kategori siswa yang termotivasi. Pada siklus II menunjukkan sebanyak 34 orang siswa (93,3%) yang tergolong kategori siswa yang termotivasi. Terjadi meningkat motivasi belajar sebesar 33,3 % Peningkatan tersebut dapat terwujud karena terjadi penigkatan kualitas peneliti dalam mengajar. Pada siklus I pertemuan ke-1 persentase guru dalam mengajar adalah sebesar 67,5, pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 75% dan siklus II pertemuan ke-1 meningkat lagi menjadi 80% selanjutnya pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 90%.
Dari hasil yang diperoleh dari 36 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan motivasi. Dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif tipe Make A Mattch dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok Aktivitas Ekonomi yang Memanfaatkan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di Daerahnya di kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 128 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Model Make A Match; Pembelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 02:14 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6188 |