Sitepu, Eliya Agusteen Nauli Br. (2024) IMPLEMENTASI AHP DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN ALAT ELEKTRONIK YANG MENGGUNAKAN BATERAI (STUDI KASUS HANDPHONE DAN SPEAKER CORDLESS). Undergraduate thesis, UNIMED.
4203530005_Cover.pdf
Download (79kB)
4203530005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (518kB)
4203530005_Abstrak.pdf
Download (121kB)
4203530005_Kata_Pengantar.pdf
Download (150kB)
4203530005_Daftar_Isi.pdf
Download (125kB)
4203530005_Daftar_Gambar.pdf
Download (74kB)
4203530005_Daftar_Tabel.pdf
Download (100kB)
4203530005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (74kB)
4203530005_BAB_I.pdf
Download (384kB)
4203530005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (568kB)
4203530005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (317kB)
4203530005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (220kB)
4203530005_BAB_V.pdf
Download (101kB)
4203530005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (147kB)
4203530005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam sistem untuk mendukung Keputusan pembelian alat elektronik berbaterai dengan mempertimbangkan garansi, harga, lama pemakaian, lama pengisian daya, tampilan, ergonomic dan layanan pasca beli. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan responden mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Medan angkatan 2020-2023, sejumlah 351 orang. Penelitian dilakukan dari Maret hingga April 2024 di Universitas Negeri Medan. Data dikumpulkan melalui survei dan dianalisis menggunakan metode AHP untuk menentukan prioritas kriteria dan alternatif dalam pembelian handphone dan speaker cordless. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria utama yang dipertimbangkan oleh responden dalam pembelian alat elektronik adalah garansi, lama pemakaian, dan harga. Samsung menjadi pilihan utama untuk handphone dengan 31,7% suara, diikuti oleh Oppo (26,5%), Vivo (23,5%), dan Xiaomi (18,3%). Untuk speaker cordless, Robot menjadi pilihan utama dengan 35,4% suara, diikuti oleh Advance (28,2%), Logitech (21,3%), dan Jovitech (15,1%). Implementasi metode AHP dalam penelitian ini berhasil membantu konsumen membuat keputusan yang lebih informatif dan efisien. Kesimpulannya, metode AHP memberikan kerangka kerja yang sistematis dan objektif untuk pengambilan keputusan pembelian alat elektronik, meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini menunjukkan bahwa AHP dapat digunakan sebagai alat yang efektif dalam sistem pendukung keputusan, membantu konsumen dalam memilih alat elektronik berdasarkan berbagai kriteria yang relevan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Analytical hierarchy process; Pengambilan keputusan; Handphone; Speaker cordless; Alat elektronik |
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 08 Apr 2025 03:49 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 08:34 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61871 |
