Tanjung, Yolla Trisrianca (2024) PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI PEMANFAATAN LIMBAH DAN BAHAN ALAM KELAS X SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203341006_Cover.pdf
Download (169kB)
4203341006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (298kB)
4203341006_Abstrak.pdf
Download (151kB)
4203341006_Kata_Pengantar.pdf
Download (620kB)
4203341006_Daftar_Isi.pdf
Download (490kB)
4203341006_Daftar_Gambar.pdf
Download (310kB)
4203341006_Daftar_Tabel.pdf
Download (254kB)
4203341006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (256kB)
4203341006_BAB_I.pdf
Download (286kB)
4203341006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (582kB)
4203341006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (853kB)
4203341006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (579kB)
4203341006_BAB_V.pdf
Download (319kB)
4203341006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (422kB)
4203341006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (256kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning (PJBL) terhadap kemampuan literasi sains pada materi pemanfaatan limbah dan bahan alam kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam pada tahun pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk true experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam dengan total 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu class random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu X-1 sebagai kelompok eksperimen menggunakan LKPD berbasis PJBL dan X-2 sebagai kelompok kontrol menggunakan LKPD konvesional. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan literasi sains dalam bentuk uraian. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05, menunjukkan bahwa LKPD berbasis PJBL berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pemanfaatan limbah dan bahan alam.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Lembar kerja peserta didik; Project based learning; Literasi sains; Limbah |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 27 Mar 2025 07:13 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 10:07 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61856 |
