Bangun, Soraya Alya Br. (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, PEMECAHAN MASALAH, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PADA MATERI METAMORFOSIS, DETERMINASI SEKS, DAN KELAINAN PERKEMBANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191141014_Cover.pdf
Download (16kB)
4191141014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (336kB)
4191141014_Abstrak.pdf
Download (75kB)
4191141014_Kata_Pengantar.pdf
Download (129kB)
4191141014_Daftar_Isi.pdf
Download (93kB)
4191141014_Daftar_Gambar.pdf
Download (51kB)
4191141014_Daftar_Tabel.pdf
Download (60kB)
4191141014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (13kB)
4191141014_BAB_I.pdf
Download (136kB)
4191141014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (384kB)
4191141014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (285kB)
4191141014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (676kB)
4191141014_BAB_V.pdf
Download (54kB)
4191141014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (206kB)
4191141014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis project based learning (PjBL) pada topik metamorfosis, determinasi seks, dan kelainan perkembangan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis (KBK), keterampilan pemecahan masalah (KPM), dan hasil belajar kognitif (HBK) mahasiswa, dan mengetahui keefektifan modul yang dikembangkan berdasarkan hasil pre-test post-test mahasiswa, validasi oleh tiga validator (ahli materi, ahli desain, dan ahli pembelajaran) serta respon mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul dikategorikan “sangat layak” baik dari aspek materi (97,22%), aspek desain (86,6%), serta aspek pembelajaran (94,53%). Respon mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan juga dikategorikan “sangat baik” yakni 89,1%. Setelah implementasi modul, hasil uji-t independen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada KBK (t hitung = 3,537; p = 0,001; df = 48), KPM (t hitung = 4,436; p = 0,001; df = 48), dan HBK (t hitung = 4,499; p = 0,001; df = 48) antara hasil post-test kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian, modul berbasis PjBL yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan pemecahan masalah, dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada materi metamorfosis, determinasi seks, dan kelainan perkembangan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Modul berbasis proyek; Berpikir kritis; Keterampilan pemecahan masalah, Hasil belajar kognitif |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 27 Mar 2025 04:09 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 08:16 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61843 |
