PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MENERAPKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 PANOMBEIAN PANEI

Sinaga, Rona Riahni (2024) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MENERAPKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 PANOMBEIAN PANEI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141045_Cover.pdf] Text
4203141045_Cover.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4203141045_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141045_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of 4203141045_Abstrak.pdf] Text
4203141045_Abstrak.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 4203141045_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141045_Kata_Pengantar.pdf

Download (710kB)
[thumbnail of 4203141045_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141045_Daftar_Isi.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 4203141045_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203141045_Daftar_Gambar.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4203141045_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203141045_Daftar_Tabel.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4203141045_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203141045_Daftar_Lampiran.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4203141045_BAB_I.pdf] Text
4203141045_BAB_I.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4203141045_BAB_V.pdf] Text
4203141045_BAB_V.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4203141045_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141045_Daftar_Pustaka.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir
tingkat tinggi dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dan
Problem Based Lea rning (PBL) pada materi virus kelas X SMA Negeri 1
Panombeian Panei. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian semu (quasi
eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X
SMA Negeri 1 Panombeian Panei yang terbagi menjadi 6 kelas dengan jumlah
180 orang. Sampel dalam penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan
terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas PjBL dan kelas X-2 sebagai kelas
PBL dengan jumlah total 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah tes essay kemampuan berpikir tingkat tinggi yang telah divalidasi oleh
ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi
siswa dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dengan nilai
rata-rata sebesar 40.08 lebih besar dibandingkan dengan kemampuan berpikir
tingkat tinggi siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL)
dengan nilai rata-rata sebesar 30.83. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi diuji
dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0.05 menunjukkan bahwa
nilai > = (2,0 > 1,5) sehingga ditolak diterima. Artinya,
terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok virus kelas X SMA Negeri 1
Panombeian Panei Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan berpikir tingkat tinggi, model Project Based Learning (PjBL), model Problem Based Learning (PBL), Virus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:08
Last Modified: 27 Mar 2025 02:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61833

Actions (login required)

View Item
View Item