Sinaga, Rona Riahni (2024) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MENERAPKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 PANOMBEIAN PANEI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203141045_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141045_Cover.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of 4203141045_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141045_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (795kB)
![[thumbnail of 4203141045_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141045_Abstrak.pdf
Download (288kB)
![[thumbnail of 4203141045_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141045_Kata_Pengantar.pdf
Download (710kB)
![[thumbnail of 4203141045_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141045_Daftar_Isi.pdf
Download (555kB)
![[thumbnail of 4203141045_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141045_Daftar_Gambar.pdf
Download (225kB)
![[thumbnail of 4203141045_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141045_Daftar_Tabel.pdf
Download (225kB)
![[thumbnail of 4203141045_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141045_Daftar_Lampiran.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of 4203141045_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141045_BAB_I.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 4203141045_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141045_BAB_V.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 4203141045_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141045_Daftar_Pustaka.pdf
Download (200kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir
tingkat tinggi dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dan
Problem Based Lea rning (PBL) pada materi virus kelas X SMA Negeri 1
Panombeian Panei. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian semu (quasi
eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X
SMA Negeri 1 Panombeian Panei yang terbagi menjadi 6 kelas dengan jumlah
180 orang. Sampel dalam penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan
terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas PjBL dan kelas X-2 sebagai kelas
PBL dengan jumlah total 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah tes essay kemampuan berpikir tingkat tinggi yang telah divalidasi oleh
ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi
siswa dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dengan nilai
rata-rata sebesar 40.08 lebih besar dibandingkan dengan kemampuan berpikir
tingkat tinggi siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL)
dengan nilai rata-rata sebesar 30.83. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi diuji
dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0.05 menunjukkan bahwa
nilai > = (2,0 > 1,5) sehingga ditolak diterima. Artinya,
terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok virus kelas X SMA Negeri 1
Panombeian Panei Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan berpikir tingkat tinggi, model Project Based Learning (PjBL), model Problem Based Learning (PBL), Virus. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 02:08 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61833 |