Sihaloho, Rohaniah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA N 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202441006_Cover.pdf
Download (85kB)
4202441006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (256kB)
4202441006_Abstrak.pdf
Download (73kB)
4202441006_Kata_Pengantar.pdf
Download (157kB)
4202441006_Daftar_Isi.pdf
Download (143kB)
4202441006_Daftar_Gambar.pdf
Download (107kB)
4202441006_Daftar_Tabel.pdf
Download (76kB)
4202441006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (75kB)
4202441006_BAB_I.pdf
Download (172kB)
4202441006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (398kB)
4202441006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (306kB)
4202441006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (400kB)
4202441006_BAB_V.pdf
Download (74kB)
4202441006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (213kB)
4202441006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA N 14 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 185 orang yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 14 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024, sampel penelitian berjumlah 70 orang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen XI IPA 4 dan kelas kontrol XI IPA 3. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrumen test yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis berupa soal essai sedangkan instrumen non test yang digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks Case Based Learning berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan data keterlaksanaan sintaks Case Based Learning oleh observer memperoleh nilai rata-rata sebesar 93 dengan kriteria sangat baik. Hasil data kemampuan berpikir kritis yang diperoleh adalah nilai rata-rata postest kelas eksperimen lebih tinggi yakni 81,37 dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 60,31. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis postest kelas eksperimen dengan model pembelajaran Case Based Learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional sebesar 0,000. Hasil uji hipotesis data postest 0,000 < 0,05 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Case Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA 4 di SMA N 14 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Berpikir kritis; Pembelajaran berbasis kasus; Sistem ekskresi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 27 Mar 2025 01:59 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 08:47 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61832 |
