Yohana, Reka (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KINGDOM MONERA DI KELAS X MIA SMA SWASTA BINTANG LANGKAT T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4171141037_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171141037_Cover.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 4171141037_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171141037_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (974kB)
![[thumbnail of 4171141037_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171141037_Abstrak.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of 4171141037_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171141037_Kata_Pengantar.pdf
Download (550kB)
![[thumbnail of 4171141037_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171141037_Daftar_Isi.pdf
Download (163kB)
![[thumbnail of 4171141037_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171141037_Daftar_Gambar.pdf
Download (9kB)
![[thumbnail of 4171141037_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171141037_Daftar_Tabel.pdf
Download (73kB)
![[thumbnail of 4171141037_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171141037_Daftar_Lampiran.pdf
Download (7kB)
![[thumbnail of 4171141037_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171141037_BAB_I.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 4171141037_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171141037_BAB_V.pdf
Download (9kB)
![[thumbnail of 4171141037_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171141037_Daftar_Pustaka.pdf
Download (84kB)
Abstract
Penelitian ini difokuskan untuk mengatasi kurangnya pemanfaatan media
pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan biologi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) biologi menggunakan
aplikasi Articulate Storyline, khususnya pada materi kingdom monera di SMA
swasta. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media LKPD yang disetujui oleh
ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Selain itu juga bertujuan untuk
menilai kelayakan media dengan mengumpulkan umpan balik dari peserta didik
melalui angket, dan mengetahui keefektifan LKPD dengan menganalisis peningkatan
nilai peserta didik. Populasi penelitian terdiri dari 20 peserta didik kelas X MIA
Penelitian pengembangan dilakukan dengan desain yang diadaptasi dari model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design
(Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan
Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui
kelayakan media LKPD adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
(1) Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan penilaian a) ahli
materi diperoleh 95% dengan kategori sangat valid, b) ahli media diperoleh 84%
dengan kategori valid, dan c) ahli pembelajaran diperoleh 87% dengan kategori
valid. (2) Respon peserta didik terhadap media LKPD Articulate Storyline sebesar
96,82% dengan kategori sangat praktis. (3) Efektivitas penggunaan LKPD Articulate
Storyline dilihat dari perbandingan hasil nilai pretest sebesar 58% dengan nilai
posttest sebesar 82,5%. Selanjutnya nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,579
dengan kategori sedang. LKPD yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan
untuk membantu peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Articulate Storyline, Kingdom Monera |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 04:47 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61825 |