PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KINGDOM MONERA DI KELAS X MIA SMA SWASTA BINTANG LANGKAT T.P. 2023/2024

Yohana, Reka (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KINGDOM MONERA DI KELAS X MIA SMA SWASTA BINTANG LANGKAT T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171141037_Cover.pdf] Text
4171141037_Cover.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4171141037_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171141037_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (974kB)
[thumbnail of 4171141037_Abstrak.pdf] Text
4171141037_Abstrak.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4171141037_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171141037_Kata_Pengantar.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of 4171141037_Daftar_Isi.pdf] Text
4171141037_Daftar_Isi.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4171141037_Daftar_Gambar.pdf] Text
4171141037_Daftar_Gambar.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4171141037_Daftar_Tabel.pdf] Text
4171141037_Daftar_Tabel.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4171141037_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4171141037_Daftar_Lampiran.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 4171141037_BAB_I.pdf] Text
4171141037_BAB_I.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4171141037_BAB_II.pdf] Text
4171141037_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[thumbnail of 4171141037_BAB_III.pdf] Text
4171141037_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[thumbnail of 4171141037_BAB_IV.pdf] Text
4171141037_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4171141037_BAB_V.pdf] Text
4171141037_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4171141037_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171141037_Daftar_Pustaka.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4171141037_Lampiran.pdf] Text
4171141037_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengatasi kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) biologi menggunakan aplikasi Articulate Storyline, khususnya pada materi kingdom monera di SMA swasta. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media LKPD yang disetujui oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Selain itu juga bertujuan untuk menilai kelayakan media dengan mengumpulkan umpan balik dari peserta didik melalui angket, dan mengetahui keefektifan LKPD dengan menganalisis peningkatan nilai peserta didik. Populasi penelitian terdiri dari 20 peserta didik kelas X MIA Penelitian pengembangan dilakukan dengan desain yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media LKPD adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan penilaian a) ahli materi diperoleh 95% dengan kategori sangat valid, b) ahli media diperoleh 84% dengan kategori valid, dan c) ahli pembelajaran diperoleh 87% dengan kategori valid. (2) Respon peserta didik terhadap media LKPD Articulate Storyline sebesar 96,82% dengan kategori sangat praktis. (3) Efektivitas penggunaan LKPD Articulate Storyline dilihat dari perbandingan hasil nilai pretest sebesar 58% dengan nilai
posttest sebesar 82,5%. Selanjutnya nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,579 dengan kategori sedang. LKPD yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan untuk membantu peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; Articulate storyline; Kingdom monera; Bakteri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology > QR75 Bacteria
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Mar 2025 04:47
Last Modified: 12 Aug 2025 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61825

Actions (login required)

View Item
View Item